Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

Cara Daftar Driver Grab

6 min read

Cara Daftar Driver Grab terbaru

Grab hadir sebagai salah satu perusahaan transportasi online terbesar di Indonesia. Profesi sebagai driver Grab sudah menjadi pilihan masa kini karena kemudahan dalam sistem kerjanya. Terlebih cara daftar driver Grab dapat dilakukan secara online jadi lebih simple dan cepat bagi pemula sekalipun.

Waktu kerja yang fleksibel juga jadi keunggulan utama driver Grab. Anda dapat bekerja kapanpun sesuai dengan target ataupun keinginan. Bahkan bisa juga dijadikan sebagai pekerjaan sampingan atau paruh waktu. Selain itu penghasilan yang didapatkan juga cukup besar karena sistem bonusnya.

Terlebih dengan layanan bernama GrabShare anda bisa memperoleh pendapatan 2 kali lipat dengan sekali perjalanan. Grab juga menyediakan fasilitas asuransi kecelakaan yang bisa driver ikuti untuk berjaga jaga. Driver Grab juga akan mendapatkan penawaran ekslusif lewat program GrabBenefit sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan serta kualitas hidup driver.

Hampir mirip CARA DAFTAR DRIVER GOJEK, anda wajib melengkapi seluruh persyaratan yang ada. Namun jangan kawatir karena syarat dokumen legal cukup mudah untuk dipenuhi. Selain itu terdapat pula kriteria lain seperti kelayakan kendaraan, surat surat ataupun tahun produksi kendaraan.

Cara Daftar Driver Grab

Cara daftar driver Grab dapat dilakukan secara online dan offline. Namun perlu diperhatikan bahwasanya pendaftaran Grab dibagi kedalam 2 kategori yaitu driver motor dan mobil. Link pendaftaran online untuk driver motor maupun mobil Grab berbeda jadi layak untuk diperhatikan dengan seksama.

Jenis Layanan Grab

Bagi yang ingin daftar driver Grab memang wajib mengetahui layanan apa saja dan pekerjaan utamanya. Setiap layanan Grab memiliki perbedaan nama dan juga fungsinya. Anda dapat memilih salah satu layanan yang dapat dijadikan pekerjaan utama untuk menghasilakan pendapatan terbaik.

Jenis Layanan Grab
  • GrabFood / Makanan: Adalah layanan antar jemput makanan Grab, anda akan bekerja membelikan makanan ke restoran GrabFood kemudian mengantarkannya ke penumpang.
  • GrabCar/ Mobil : Adalah layanan pengantaran menggunakan mobil, anda bekerja menjemput penumpang sesuai titik lokasi kemudian mengantarkannya ke tujuan.
  • GrabBike/ Motor : Merupakan layanan pengantaran menggunakan motor dimana driver menjemput pelanggan sesuai titik lalu mengantarkan ke lokasi tujuan.
  • GrabExpress/ Pengantaran : Merupakan layanan antar jemput barang, driver akan mengambil barang pelanggan lalu mengantar sampai alamat yang dituju.
  • GrabMart/ Mart : Merupakan pelayanan belanja dari merchant Grab, driver akan berbelanja lalu mengantarkannya ke pelanggan.
  • GrabAssistant/ Asisten : Layanan belanja ke toko, minimarker, supermarket maupun lokasi lainnya.

Syarat Daftar Driver Grab

Sebelum cara daftar Grab dilakukan anda perlu mengumpulkan persyaratan dokumen terlebih dahulu. Selain itu terdapat syarat lain yang wajib diperhatikan seperti usia, jenis kendaraan, tahun kendaraan maupun kontak pribadi. Setiap syarat nantinya akan dimasukkan sebagai data pendaftaran melalui proses offline maupun online.

Syarat Dokumen Driver Grab

Pada saat pendaftaran online anda wajib menyertakan dokumen asli dimana gambar atau fotonya akan diunggah via aplikasi Grab Driver. Pastikan seluruh dokumen masih memiliki masa berlaku yang aktif serta belum kadaluarsa. Hindari mengedit gambar, seluru dokumen harus tetap mempertahakan keaslian saat diunggah. Beberapa dokumen utama yang wajib disiapkan meliputi:

a. KTP asli
KTP asli driver grab

Pastikan ambil foto KTP dengan jelas dengan menyertakan foto serta tulisan identitas. Ambil gambar dengan kondisi pencahayaan baik sehingga tidak terjadi blur atau buram. Driver juga wajib memiliki usia antara usia 18 sampai maksimal 65 tahun sesuai yang tercantum pada data KTP.

Bagi yang melakukan pendaftaran Grab diluar domisili atau daftar di wilayah lain dapat menyiapkan Surat Keterangan Domisili. Surat ini dapat dibuat di kantor pemerintahan setempat.

b. SIM Aktif
sim driver Grab

Bagi driver GrabBike, GrabFood, GrabExpress yang menggunakan motor wajib memiliki SIM C yang aktif. Sedangkan untuk driver GrabCar wajib memiliki SIM A atau B yang berlaku. Ambil gambar SIM dengan jelas dan semau tulisannya terbaca.

c. STNK kendaraan dengan pajak aktif
stnk daftar grab

Syarat daftar driver Grab berikutnya adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan dari motor ataupun mobil anda. Pastikan juga bahwa pajak kendaraan aktif dan masih berlaku. Foto STNK secara sejajar lalu usahakan semua tulisan didalamnya terbaca jelas.

d. SKCK berlaku
skck daftar grab

Berikutnya adalah syarat berupa Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK yang bisa diurus secara mudah di kantor polisi terdekat. Silahkan anda ambil foto SKCK dengan jelas.

e. Kartu Keluarga

Anda juga wajib menyiapkan kartu keluarga baik yang asli maupun salinan. Anda wajib membawa kartu keluarga saat datang ke kantor Grab untuk verifikasi identitas.

f. NPWP

Anda juga wajib menyertakan salinan Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP sebagai persyaratan daftar driver Grab.

g. Surat Keterangan Sehat

Surat Keterangan Sehat wajib disertakan bagi calon driver yang memiliki usia diatas 50 tahun. Bagi yang berada dibawah usia 50 tidak harus menyertakan surat ini.

h. Buku tabungan (rekening)

Calon driver wajib memiliki rekening Bank sebagai alat transaksi keuangan. Driver bisa melampirkan salinan rekening dari buku tabungan semua Bank di Indonesia.

i. Asuransi (khusus GrabCar)
asuransi daftar grab

Bagi yang ingin daftar GrabCar anda wajib memastikan bahwa mobil sudah didaftarkan asuransi all risk. Tujuan dari pendaftaran asuransi adalah untuk tindakan preventif jika terjadi kecelakaan ataupun kerusakan lainnya. Silahkan foto polis asuransi sebagai syarat pendaftaran dengan jelas dan tidak blur.

j. Foto profil driver Grab
Foto profil driver Grab

Ambil foto anda menggunakan backgroud putih polos ataupun dapat menggunakan background Grab. Usahakan foto tidak mengenakan aksesoris, fotonya tegak dan gambarnya jelas. .

Syarat Motor Grab (GrabBike, GrabFood, GrabExpress)

  • Syarat tahun motor Grab maksimal 5 tahun dari awal pendaftaran. Tahun kendaraan lebih baru akan lebih baik karena masa pemakaian lebih lama.
  • Motor masih dalam kondisi layak jalan dengan mesin dan body yang baik.
  • Bukan jenis motor trekking ataupun kendaraan dengan bangku satu.
  • Pajak motor aktif.

Syarat Mobil Grab (GrabCar)

  • Syarat tahun kendaraan Grab maksimal 5 tahun dari tahun pendaftaran.
  • Jenis mobil diutamakan family car ataupun MPV.
  • Mobil masih layak jalan dengan kondisi mesin, interior serta eksterior baik.
  • Memiliki asuransi all risk.
  • Pajak mobil aktif.

Syarat Lainnya

  • Usia minimal 18 sampai maksimal 65 tahun.
  • Dapat menulis dan juga membaca.
  • Memiliki smartphone iOS ataupun Android dengan RAM minimal 1GB.
  • Menyiapkan uang top up awal senilai Rp.100.000 bagi yang memiliki smartphone. Sedangkan untuk yang mengikuti program cicilan smartphone wajib top up senilai Rp.150.000.
  • Alamat gmail atau email yang aktif.
  • Nomor handphone aktif.

Cara Daftar Driver Grab Online

Pendaftaran driver Grab online dilakukan lewat situs resmi. Anda dapat melakukan daftar driver Grab secara gratis tanpa dipungut biaya. Perlu diperhatikan bahwa untuk driver motor dan mobil memiliki link formulir pendaftaran yang berbeda. Lebih jelasnya simak cara daftar driver Grab yang dirangkum ojolakademi.com berikut.

1. Mengisi Formulir Pendaftaran Grab Online

Cara pertama adalah mengunjungi situs resmi pendaftaran untuk driver Grab. Untuk driver GrabCar dan GrabBike memiliki link berbeda seperti berikut ini

Cara Isi Formulir Pendaftaran GrabBike
Mengisi Formulir Pendaftaran Grab Online
  • Kunjungi laman https://www.grab.com/id/driver/transport/bike/ maka muncul formulir pendaftaran.
  • Mulai dengan mengisi nama depan dan belakang sesuai KTP.
  • Masukkan nomor handphone.
  • Pilih kota operasional yang akan anda daftar.
  • Pilih darimana anda mengetahui Grab.
  • Masukkan kode referensi atau refferal jika ada.
  • Tekan centang Saya menyetujui syarat……….. dan Saya sudah membaca……………..
  • Tap tombol captcha lalu verifikasi.
  • Tekan tombol DAFTAR SEKARANG untuk mengirim formulir pendaftaran anda.
Cara isi Formulir Pendaftaran GrabCar
Cara isi Formulir Daftar GrabCar
  • Bagi yang akan daftar driver GrabCar kunjungi https://www.grab.com/id/driver/transport/car/ lalu formulirnya tampil.
  • Mulai dengan mengisi nama depan dan belakang sesuai KTP.
  • Pilih kota operasional.
  • Masukkan kode referensi atau refferal jika ada.
  • Tekan ceklist dibagian Saya menyetujui syarat……….. dan Saya sudah membaca……………..
  • Tap tombol captcha lalu verifikasi.
  • Tekan DAFTAR SEKARANG untuk mengirim formulir pendaftaran.

2. Mendapatkan SMS Notifikasi

Anda akan mendapatkan SMS pemberitahuan dari Grab dimana berisi informasi pendaftaran berupa link untuk upload persyaratan. Kurang lebih isinya sebagai berikut:

Mendapatkan SMS Notifikasi

Lanjutkan dengan membuka link yang ada pada SMS untuk melengkapi persyaratan dengan upload dokumen.

3. Mengupload Dokumen

Upload satu persatu foto atau gambar dokumen mencakup KTP, SIM, STNK, SKCK, Asuransi dan juga foto profil. Setelah selesai mengupload tekan tombol KIRIM.

Mengupload Dokumen

Setelah proses unggahan selesai dilakukan maka anda akan mendapatkan pemberitahuan SMS dari Grab kembali. SMS tersebut berisi informasi maksimal proses verifikasi dokumen adalah 1×24 jam.

4. Pemberitahuan Training Online

Pemberitahuan Training Online

Apabila pendaftaran disetujui maka anda akan memperoleh SMS yang berisi link untuk melakukan training secara online. Didalamnya juga sudah terdapat User ID dan password untuk training online.

5. Melakukan Training Driver Grab Online

Melakukan Training Driver Grab Online

Buka link lewat SMS tadi kemudian menuju ke situs grab.codemi.co.id. Login menggunakan user ID serta password yang sudah diberikan. Silahkan buka satu persatu training Grab kemudian pelajari dan selesaikan. Setelah training dilakukan dalam waktu 1×24 jam akun driver Grab akan diaktivasi.

6. Akun Driver Grab Aktif

Akun Driver Grab Aktif

Akun Grab Driver akan diaktifkan, anda akan memperoleh SMS notifikasi bahwa akun sudah aktif. Anda akan diminta mengunduh aplikasi Grab Driver untuk mulai mendaftar. Lakukan pendaftaran Grab Driver dengan data pribadi anda.

  • Unduh Grab Driver kemudian buka.
  • Tap tombol DAFTAR.
  • Masukkan informasi negara, kota, nama depan, belakang, nomor HP, alamat email dan tipe pengemudi pada kolom yang disediakan.
  • Verifikasi captcha kemudian tap MENDAFTAR.
  • Anda akan memperoleh email
  • Unduh Grab Driver kemudian buka.
  • Tap tombol DAFTAR.
  • Masukkan informasi negara, kota, nama depan, belakang, nomor HP, alamat email dan tipe pengemudi pada kolom yang disediakan.
  • Verifikasi captcha kemudian tap MENDAFTAR.
  • Anda akan memperoleh email notifikasi untuk mengatur password

7. Top Up Awal & Mulai Beroperasi

Login ke aplikasi Grab Driver kemudian lakukan top up awal sebesar Rp. 100.000 dan anda bisa mulai untuk menerima pesanan dari penumpang Grab sesuai area operasional.

Pendaftaran Driver Grab Offline

Untuk pendaftaran Grab offline dapat dilakukan secara langsung dengan mendatangi kantor operasional Grab terdekat. Bawa seluruh persyaratan dan fotocopy ke kantor Grab. Ambil antrian kemudian lakukan pendaftaran dengan menyerahkan dokumen persyaratan.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua kantor operasional membuka pendaftaran, jadi cari informasi seputar lowongan driver Grab terlebih dulu. Driver support akan membimbing anda melakukan proses pendaftaran. Anda juga dapat menanyakan informasi seputar cara kerja maupun layanan Grab.

FAQ Daftar Driver Grab

Berapa biaya daftar Grab?

Pendaftaran dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya. Biaya hanya dikeluarkan untuk top up awal dan juga biaya pembelian atribut Grab.

Kapan pendaftaran Grab dibuka?

Pendaftaran Grab dapat dilakukan kapan saja secara online. Namun proses penerimaan untuk daftar offline mengikuti setiap kantor operasional Grab dengan waktu pendaftaran yang berbeda.

Kenapa daftar Grab ditolak?

– Kendaraan sudah terdaftar oleh driver Grab lain. Untuk layanan GrabCar 1 mobil didaftarkan maksimal 2 driver. Sedangkan GrabBike 1 motor maksimal 1 orang saja.
– Sudah pernah mendaftar Grab sebelumnya.
– Pernah melakukan pelanggaran berat.

Mengapa belum mendapatkan SMS traning online?

– Nomor handphone tidak aktif ataupun pesan penuh.
– Training online dilakukan jika daftar Grab disetujui dengan batas waktu pengiriman SMS 1 x 24 jam.

Mengapa sudah lolos training namun akun belum aktif?

Proses aktivasi akun Grab driver dilakukan dalam jangka waktu maksimal 1×24 Jam. Apabila ada kendala anda bisa menghubungi call center Grab.

Memang syarat mendaftar driver Grab lebih banyak dibandingkan cara daftar driver Maxim. Namun Grab menawarkan banyak keuntungan bagi driver yang akan bergabung. Selain karena penghasilan yang cukup tinggi, terdapat pula sistem insentif yang bisa menambah. Jadi apakah anda tertarik daftar sebagai driver Grab?

Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

Cara Top Up Grab Driver

Anwar
4 min read

Bagi Hasil Grab

Anwar
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *