Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

√ Gaji Karyawan SPBU Pertamina : Operator, Training & POM Mini

Gaji Karyawan SPBU Pertamina

Sebagian besar masyarakat Indonesia pastinya sudah mengenal SPBU atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum. Saat ini pengolahan minyak serta gas menjadi bahan bakar sepenuhnya dilakukan oleh Pertamina dan didistribusikan melalui SPBU kepada masyarakat luas. Di Indonesia ada banyak lokasi SPBU yang pastinya membutuhkan tenaga kerja untuk melakukan aktivitasnya. Lantas berapa besar gaji karyawan SPBU Pertamina?

Pertanyaan mengenai besaran gaji karyawan SPBU Pertamina memang banyak dilontarkan oleh para pencari kerja yang ingin mengajukan lamaran. Sebelumnya kami sudah membahas mengenai TUGAS HELPER INDOMARET dimana memiliki kewajiban yang banyak namun gajinya juga lebih besar dibanding posisi lainnya. Besaran gaji karyawan SPBU Pertamina juga akan dipengaruhi oleh tingkat jabatannya.

Dalam operasionalnya diberbagai wilayah, SPBU Pertamina memang membutuhkan karyawan yang banyak. Pada umumnya sistem gaji karyawan akan mengikuti besaran UMR (Upah Minimum Regional) ataupun UMP (Upah Minimum Provinsi). Jadi setiap daerah akan mempunyai besaran gaji berbeda namun tetap ada kisaran maksimal dan minimalnya.

Pada beberapa wilayah gaji karyawan Pertamina memang termasuk besar dibandingkan perusahaan lainnya. Karena Pertamina adalah bagian dari BUMN (Badan Usaha Milik Negara) maka juga memiliki tujuan membuka peluang kerja sehingga mampu mengurangi angka pengangguran. Tak jarang karena tawaran gaji besar banyak orang ingin mendaftar sebagai karyawan.

scarlet

SPBU hadir sebagai lokasi pengisian bahan bakar untuk berbagai jenis kendaraan sehingga tidak dapat disepelekan. Melalui SPBU semua kalangan masyarakat dapat membeli bahan bakar kendaraan secara mudah dan juga cepat. Oleh karena itu peranan karyawan SPBU Pertamina sangat dibutuhkan demi kelangsungan mode transportasi.

Contoh Slip Gaji Karyawan SPBU Pertamina

Ketika membahas gaji karyawan SPBU Pertamina akan diberikan setiap bulannya. Dibuktikan dengan contoh slip gaji karyawan SPBU dimana menerangkan secara jelas periode kerjanya. Pada slip gaji juga akan tertera nama lengkap, jabatan serta status karyawan dimana untuk tiap posisinya memiliki besaran berbeda.

contoh slip gaji karyawan spbu

Kemudian dari contoh slip gaji diatas dapat dilihat bahwa karyawan tetap akan mendapatkan gaji pokok dan tunjangan kemudian dipotong dengan asuransi semisal BPJS kesehatan. Berikutnya akan didapatkan gaji bersih yang diterima sesuai tanggal pada slip. Memang dalam slip gaji harus ada perhitungan yang jelas baik gaji pokok, tunjangan, potongan serta gaji bersih.

Gaji Karyawan SPBU Pertamina

Secara langsung gaji karyawan SPBU Pertamina akan dibedakan berdasarkan posisi ataupun jabatan yang diduki. Semakin tinggi jabatannya maka pendapatannya juga semakin besar karena sudah disesuaikan oleh perusahaan. Pada umumnya banyak orang mencari informasi gaji operator SPBU karena posisi inilah yang dapat dilamar secara mudah.

Terdapat juga gaji training operator SPBU dimana nominalnya akan lebih sedikit dibandingkan karyawan tetap. Pada dasarnya SPBU sudah memiliki struktur jabatan sehingga dari paling tinggi sampai rendah akan mendapatkan gaji berbeda. Supaya kamu lebih paham silahkan simak gaji karyawan SPBU Pertamina semua posisi yang dirangkum Ojolakademi.com berikut ini.

Gaji Manajer SPBU Pertamina

Kisaran Rp.22.000.000 perbulan

Pertama adalah manajer dimana bertugas mengatur manajemen SPBU Pertamina termasuk menentukan semua keputusan, mengawasi kinerja karyawan kemudian melakukan evaluasi dalam kurun waktu tertentu. Tak heran jika dikenal juga sebagai gaji mandor SPBU karena termasuk tinggi dan tanggung jawabnya mencakup semua bagian.

Gaji Asisten Manajer SPBU Pertamina

Kisaran Rp.10.000.000 Perbulan

Dibawah manajer ada asisten yang akan siap membantu menyusun laporan, memberikan masukan, mengawasi karyawan serta mendampingi ketika ada pemeriksaan dari Pertamina. Untuk gaji asisten manajer memang cukup besar namun memang tanggung jawabnya tidaklah mudah dilakukan tanpa adanya pengalaman.

Gaji Supervisi

Kisaran Rp.8.500.000 perbulan

Berikutnya adalah gaji supervisi dimana mempunyai tugas untuk mengawasi stock BBM, tingkat penjualan, kualitas pengiriman serta jumlah pasokan sesuai ketentuan berlaku. Seperti halnya pengawas, surpervisi wajib mengawasi semua aktivitas SPBU apakah lancar ataupun tidak.

Gaji Koordinator

Antara Rp.8.000.000 Per Bulan

Posisi koordinator mempunyai kewajiban untuk mengkoordinasi ataupun mengatur kinerja semua karyawan. Semuanya akan dikoordinasikan mulai dari jadwal masuk karyawan, mempersiapkan alat, memberikan fasilitas sampai dengan mengatur penjualan bahan bakar.

Penghasilan Staff Teknisi

Antara Rp.6.000.000 Per Bulan

Teknisi memiliki tugas memeriksa mesin, memelihara kemudian melakukan perbaikan jika ada kerusakan. Posisi teknisi memang penting karena wajib mengetahui alat pengisian bahan bakar sehingga dapat menangani jika ada masalah. Dengan pengecekan secara bertahap akan memastikan SPBU tetap dapat beroperasi.

Penghasilan Staff Control Senior

Antara Rp.6.000.000 Per Bulan

Merupakan jabatan HRD (Human Resources Development) yang bertanggung jawab menangani masa kerja dan kontrak karyawan SPBU. Jadi secara langsung bagian ini akan membuka lowongan serta perekruktan apabila ada posisi yang kosong mengikuti syarat serta ketentuan berlaku.

Penghasilan Legal Officer

Sekitar Rp.6.000.000/bulan

Adalah bagian yang menangani kebutuhan hukum dalam operasional SPBU. Mulai dari awal dipekerjakan petugasnya akan menangani secara langsung jika ada ijin pembukaan SPBU baru, perijinan usaha, pajak serta yang berhubungan langsung dengan badan hukum secara legal.

Penghasilan Staff Senior

Sekitar Rp.6.000.000/bulan

Merupakan karyawan tetap yang sudah lama bekerja di SPBU pertamina yang mempunyai tugas sesuai dengan ketentuan direksi. Pada umumnya karyawan senior banyak bergerak didalam kantor dimana mencatat, mengawasi kinerja sesuai divisi dan memberikan laporan untuk atasannya.

Penghasilan Staff Junior

Sekitar Rp.4.000.000/bulan

Merupakan karyawan junior yang berada dibawah karyawan senior dimana tugasnya menyesuaikan divisi yang sudah diatur. Secara umum pekerjaannya mencatat arus keuangan, memasukkan transaksi, melacak pembayaran serta membantu karyawan senior menyusun laporan.

Gaji Staff SPBU Pertamina

Mulai dari Rp.4.500.000/bulan

Tiap staff akan ditempatkan pada divisi tertentu dimana mempunyai kewajiban menyelesaikan laporan serta administrasi. Pada dasarnya beberapa SPBU juga menempatkan staff untuk pemeriksaan laporan keuangan, mengevalusi kinerja karyawan. Bahkan beberapa diantaranya ditugaskan untuk menganalisa pasar maupun kelayakan bisnis.

Gaji Accounting SPBU Pertamina

Mulai dari Rp.4.200.000/bulan

Seperti yang banyak orang tahu accounting bertugas untuk mencatat setiap transaksi kemudian melakukan perhitungan penjualan serta melakukan pembuatan invoice. Setiap periodenya akan ada audit dimana wajib melaporkan keuangan serta semua jejak transaksi pada SBPU Pertamina.

Gaji Staff Bisnis

Mulai dari Rp.4.000.000/bulan

Tugasnya merencanakan bisnis untuk waktu yang panjang ataupun pendek dari SPBU Pertamina sehingga mampu mencapai target. Memang untuk jadi staff bisnis diperlukan pengetahuan akan pasar serta peluang sehingga mampu membuat rencana yang menguntungkan SPBU.

Gaji Staff Admin SPBU Pertamina

Mulai dari Rp.4.000.000/bulan

Bagian admin mempunyai kewajiban membuat surat, mengumpulkan arsip, melakukan dokumentasi serta memberikan semua kebutuhan yang berhubungan dengan administrasi. Kemudian ketika ada perintah dari atasan untuk membuat surat maka admin harus siap, bekal utamanya adalah mampu mengoperasikan komputer dan office.

Gaji Admin SPBU Pertamina

Sekitar Rp.2.500.000/bulan

Jika staff admin memgang peranan untuk semua bagian SPBU maka admin operasional yang mengurus hubungan dengan karyawan. Secara langsung bagian ini akan melayani kebutuhan mulai dari pramuniaga, karyawan training, operator maupun lainnya. Jadi kinerjanya lebih untuk kebutuhan intern SPBU Pertamina.

Gaji Pramuniaga SPBU Pertamina

Sekitar Rp.2.400.000/bulan

Berikutnya adalah gaji pramuniaga/sales attendant SPBU, bertugas langsung melayani konsumen yang akan mengisi bahan bakar kemudian menawarkan berbagai produk Pertamina. Pastinya pramuniaga wajib lancar bicara karena secara langsung akan jadi ujung tombak pelayanan Pertamina. Selain itu pramuniaga juga wajib mengurus soal kebersihan SPBU.

Gaji Operator SPBU

Sekitar Rp.2.300.000/bulan

Adalah karyawan yang memiliki tanggung jawab melayani konsumen secara langsung. Dinamakan operator karena mengoperasikan alat pengisian bahan bakar kemudian melakukan pengecekan serta pewaratan tiap harinya.

Gaji Training Operator SPBU

Antara Rp.1.500.000/bulan

Berikutnya adalah gaji training operator SPBU Pertamina dimana termasuk program magang ataupun juga masa percobaan karyawan baru. Memang pada dasarnya training adalah untuk mengenalkan bagaimana cara kerja SPBU Pertamina sehingga sama dengan diposisikan membantu karyawan kemudian melakukan pelayanan langsung.

Gaji Training Pramuniaga SPBU

Antara Rp.1.500.000/bulan

Sama seperti training operator, posisi ini juga dibuka untuk orang magang ataupun karyawan yang baru diterima untuk masuk ke masa percobaan. Tugasnya memang sama dengan posisi pramuniaga namun lebih ditekankan untuk mengetahui cara kerja serta kewajiban yang harus dilakukan.

Gaji Karyawan POM Mini

Antara Rp.1.250.000/bulan

Memang gaji karyawan pom mini akan berbeda dengan SPBU karena memang manajemennya menggunakan sistem franchise. Disebut juga gaji karyawan SPBU swasta dimana mengikuti langsung UMR minimal atau paling sedikit, Kelemahannya memang penempatan karyawan bisa jadi pada wilayah terpencil ataupun jauh dari area perkotaan.

Tunjangan & Bonus Karyawan SPBU

Selain gaji karyawan SPBU Pertamina diatas terdapat sistem tunjangan serta bonus yang diberikan sesuai ketentuan berlaku. Biasanya tunjangan akan diberikan sesuai jabatan kemudian besarannya berbeda beda. Keuntungannya baik bonus maupun tunjangan dapat dijadikan penghasilan tambahan bagi karyawan SPU Pertamina.

  • Tunjangan jabatan : uang tambahan yang diberikan berdasarkan pada tingkatkan jabatan pada SPBU Pertamina, besarannya menyesuaikan ketentuan perusahaan.
  • Tunjangan konsumsi : disebut juga sebagai uang makan dengan besaran berbeda beda, biasanya 20 ribu perhari.
  • Tunjangan harian : uang tambahan untuk kebutuhan operasional atau aktivitas karyawan SPBU Pertamina.
  • Tunjangan insentif : diberikan kepada karyawan untuk motivasi meningkatkan kinerja, nominalknya bedatiap SPBU.
  • Tunjangan lembur : uang tambahan untuk kompensasi jam kerja lebih dari yang seharusnya. Karyawan berhak memperoleh penhasilan tambahan jika lembur.
  • Bonus penjualan : ketika SPBU Pertamina mencapai target penjualan maka tiap karyawan akan diberikan bonus atas hasil kerja kerasnya.

Kesimpulan

Seperti CONTOH PAKAIAN TRAINING INDOMARET, karyawan magang ataupun yang sedang masa percobaan memakai seragam yang sama yaitu awatas putih dan bawahan hitam. Kemudian gaji karyawan SPBU Pertamina akan dibedakan dari posisi mulai jabatan paling tinggi yaitu manajer hingga sampai ke bagian operasional.

Sumber gambar : google.com

Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *