Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

8 Cara Kirim Barang Lewat SiCepat : Syarat & Biaya Packing

Cara Kirim Barang Lewat SiCepat

Ekspedisi SiCepat Ekspres memang namanya sudah dikenal diseluruh Indonesia karena hadir dibanyak marketplace online dan memiliki jaringan luas. Pastinya cara kirim barang lewat SiCepat banyak juga dipilih karena menawarkan ongkos kirim terjangkau serta bisa diandalkan sampai ke lokasi tujuan tepat waktu.

Sebelumnya kami sudah membahas bagaimana CARA KIRIM BARANG LEWAT JNE dimana wajib diketahui oleh pemula. Kali ini tinggal cara kirim barang lewat SiCepat dimana sangat mudah dilakukan dengan memanfaatkan semua fasilitasnya. SiCepat memiliki beberapa layanan unggulan seperti SIUNTUNG, HALU, H3LO, BEST, REG, COD dan juga GOKIL.

Memang untuk cara kirim paket sicepat HALU prosesnya akan sama saja dengan layanan lainnya sehingga kalian tidak perlu bingung. Namun saat cara kirim barang lewat SiCepat dilakukan kalian perlu memperhatikan beberapa hal meliputi cek ongkir, lokasi agen/kantor cabang bahkan sampai cek resi pengirimannya.

Layanan SiCepat tak hanya dimanfaatkan oleh konsumen biasa, seller online juga menggunakannya memiliki ongkir terjangkau. Misalnya SiCepat REG dimana menjanjikan paketnya sampai antara 3 hari kerja dengan tarif murah. Namun jika kalian menginginkan pengiriman cepat maka dapat memilih SIUNTUNG atau COD dimana akan sampai dalam beberapa jam saja.

SiCepat memang sudah terintegrasi pada banyak toko online contohnya Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, JD.ID, Blibli dan lain sebagainya. Kemudian untuk cara kirim paket SiCepat Tokopedia sebenarnya memiliki prosedur yang kurang lebih sama dengan cara kirim paket SiCepat Shopee. Supaya lebih jelasnya silahkan simak rangkuman Ojolakademi.com dibawah ini.

Biaya Packing SiCepat

Lantas berapa biaya packing SiCepat? Semuanya akan mengikuti barang yang akan kalian kirimkan apakah berukuran besar ataupun kecil. Ketika ukuran barang semakin besar maka secara otomatis biaya packing juga bertambah. Secara umum biaya packing akan terpisah dengan biaya ongkir, kemudian akan ditotalkan menjadi biaya pengiriman.

  • Packing bubble wrap : antara Rp3000 sampai Rp5000
  • Packing kayu =mulai Rp25.000
  • Kardus = mengikuti dimensi barang
  • Styrofoam = Rp4500 sampai Rp10.000

Syarat Kirim Barang Lewat SiCepat

Sebagai konsumen kalian memang tidak boleh sembarangan kirim barang karena harus sesuai regulasi serta aturan berlaku. Aturan kirim barang sudah dijelaskan SiCepat dalam terms & condition dimana wajib ditaati oleh semua pelanggan. Bagi yang baru ingin kirim barang melalui SiCepat simak ketentuan dibawah ini.

  • Wajib mengemas barang secara baik untuk melindunginya selama perjalanan.
  • Wajib memberitahukan informasi isi barang maupun nilainya.
  • Menjamin bahwa barang milik pribadi dan berhak dikirimkan ke penerima
  • Mencantumkan data pengirim meliputi nama lengkap, nomor telepon, alamat lengkap
  • Mencantumkan data penerima meliputi nama lengkap, nomor telepon, alamat lengkap(nama jalan, nomor rumah, Kode pos, RT/RW, Kelurahan, Kecamatan dan Kota)
  • SiCepat tidak menerima barang berbahaya, jenazah, binatang, narkotika, senjata api, senjata tajam, emas, perangko, barang curian, cek, uang tunai, makanan mudah busuk dan barang melanggar hukum
  • SiCepat mempunyai hak memeriksa barang konsumen
Baca  8 Cara Mengetahui Nomor Telepon Kurir SiCepat & Menghubungi WA

Cara Kirim Barang Lewat SiCepat

Kelebihan cara kirim barang lewat SiCepat adalah memiliki asuransi sehingga lebih aman. Ketika barang yang di kirim rusak ataupun hilang maka kamu memperoleh ganti rugi Rp500.000 untuk bobot barang 1kg, maksimal pergantian 5kg atau sekirat Rp2.500.000. Kalian juga akan disediakan layanan call center 24 jam sehingga mudah untuk komplain ataupun menyampaikan keluhan.

Lalu cara kirim barang lewat SiCepat juga didukung dengan timbangan akurat sehingga tarif yang didapatkan lebih sesuai. Selain itu bagi yang berjualan di toko online bisa memanfaatkan SiCepat karena sudah terintegrasi secara penuh. Bagi yang ingin mengetahui cara kirim barang lewat SiCepat silahkan simak dibawah ini.

1. Cek Ongkir SiCepat

Cara pertama yang dapat kalian lakukan adalah cek ongkir ataupun biaya pengiriman melalui website resmi SiCepat. Dengan cek tarif kirim barang maka kamu lebih mudah memperkirakan harga dan memilih layanan yang sesuai kebutuhan. Kemudian terdapat juga estimasi barang sampai ke lokasi tujuan berdasarkan hitungan hari.

cara kirim paket sicepat halu
  • Pertama dari browser buka laman sicepat.com/deliveryFee kemudian geser kebawah sampai muncul cek tarif.
  • Masukkan kota asal dan tujuan sesuai keinginan kalian.
  • Ketikkan berat barang dan bisa menambahkan dimensinya.
  • Tekan Cek Harga
  • Muncul jenis layanan SiCepat, deskripsi, tarif ongkir dan estimasi sampai

Berdasarkan cek tarif kalian dapat menentukan memilih jenis layanan SiCepat yang dibutuhkan. Apabila ingin sampai lebih cepat maka dapat memilih layanan SiCepat BEST, SIUNTUNG, SAMEDAY ataupun lainnya.

2. Mengemas Barang Secara Rapi

Ketika sudah mendapatkan jenis layanan SiCepat maka kalian tinggal mengemas barang secara rapi. Karena barang merupakan tanggung jawab penuh dari konsumen maka usahakan mengemasnya secara baik agar tidak ada resiko yang ditimbulkan dalam perjalanan. Kalian bisa memilih menggunakan packing kardus, bubble wrap, styrofoam dan juga kayu.

Pengemasan barang silahkan bedakan berdasarkan jenisnya, ketika mudah pecah maka lakukan packing berlapis supaya tidak mudah rusak. Namun jika tidak ingin ribet maka dapat mendatangi kantor SiCepat untuk mendapatkan layanan packing dari petugas ditempat. Hal ini sangat praktis meski harus membayar biaya tambahan.

3. Mencari Kantor SiCepat Terdekat dari Lokasi Saya Sekarang

Setelah mempersiapkan barang yang sudah dipacking kalian tinggal mencari lokasi kantor ataupun agen SiCepat terdekat. Pengguna dapat memanfaatkan website resmi SiCepat untuk mencari lokasi terdekat supaya bisa kirim barang seperti berikut.

sicepat terdekat dari lokasi saya sekarang
  • Silahkan masuk ke laman sicepat.com/location lalu geser kearah bawah sampai muncul maps.
  • Ketikkan kota atau lokasi kalian pada kolom yang sudah disediakan
  • Tekan Search
  • Dibawahnya akan muncul beberapa kantor cabang SiCepat dan alamat lengkapnya.
  • Kamu bisa menggunakan alamatnya sebagai petunjuk menuju kantor cabang terdekat.
Baca  11 Cara Menjadi Kurir SiCepat : Syarat, Gaji & Jam Kerja

4. Kirim Barang di Kantor SiCepat

Bawa barang ke kantor SiCepat terdekat sesuai alamat yang kalian dapatkan tadi. Setelah sampai lanjutkan sampaikan ke petugas bahwa ingin kirim barang lewat SiCepat. Kalian bisa meminta layanan packing kepada petugas, namun ada biaya tambahan dari ongkir yang sebelumnya dikenakan.

Berikutnya petugas akan menanyakan mengenai data diri pengirim dan penerima, mengecek isi barang karena merupakan prosedur pelayanannya. Pastikan semua alamat, nama serta nomor handphone tidak ada yang salah karena mempengaruhi proses pengiriman barang.

5. Bayar Ongkos Kirim SiCepat

Setelah itu barang akan ditimbang kemudian petugas akan memberikan informasi mengenai biaya ongkir. Berikutnya kalian silahkan bayar ongkir SiCepat sesuai dengan nominal yang disebutkan, tarifnya akan berbeda bergantung jarak pengirimannya. Ketika ongkir lunas dibayar maka kamu akan mendapat bukti pengiriman dimana didalamnya terdapat nomor resi.

6. Mendapatkan Nomor Resi

Dalam bukti pengiriman atau pembayaran SiCepat akan tertera nomor resi dimana terdiri dari susunan angka unik. Nomor resi berada dibawah barcode sehingga dapat kalian catat ataupun simpan. Nomor resi digunakan untuk melacak perjalanan kiriman barang sehingga sangat penting untuk disimpan. Selain itu untuk beberapa toko online seller juga harus memasukkan nomor resi secara manual.

7. Cek Resi SiCepat

Cara selanjutnya adalah cek resi SiCepat dimana kalian dapat dengan mudah memantau perjalanan barang. Kalian bisa langsung menuju ke website SiCepat kemudian mengakses fasilitas cek resi online dimana mudah dilakukan selama 24 jam penuh.

cek resi sicepat
  • Dari browser buka halaman sicepat.com/checkAwb maka tampilannya seperti diatas.
  • Selanjutnya masukkan nomor resi pada kolom yang disediakan
  • Tekan tombol Lacak
  • Pelacakan kiriman barang akan muncul dengan informasi lokasi, waktu serta statusnya.

8. Barang Sampai

Setelah proses kirim barang dilakukan maka sampai ke lokasi agen SiCepat terdekat dari alamat kalian. Selanjutnya agen atau kantor SiCepat akan mengutus kurir untuk mengantarkan barang ke lokasi tujuan. Ketika kurir sudah dekat maka kalian akan dihubungi untuk konfirmasi penerimaan barang. Setelahnya kurir akan menyerahkan barang kemudian proses pengiriman selesai dilakukan.

Berapa Lama Pengiriman Sicepat

Pada dasarnya cara kirim barang lewat SiCepat memang sangat mudah dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun. Lalu cara kirim barang lewat SiCepat juga memiliki keuntungan seperti tarif terjangkau, fasilitas pelacakan online dan juga kantor cabang diselurtuh wilayah Indonesia. Lantas berapa lama pengiriman sicepat? Semuanya akan bergantung kepada jenis layanannya, sebagai gambaran simak pada tabel dibawah ini.

Layanan SiCepatLama Pengiriman SiCepat
SICEPAT REG1-3hari
SIUNTUNG15 jam sesuai ETA (estimated time of arrival)
SAMEDAY DELIVERYDi hari yang sama
BEST1hari
HALU1-3hari
GOKIL1-3hari
H3LO1-3 hari
COD8 jam
SICEPAT GO!3-14 hari sesuai ETA (estimated time of arrival)

Kesimpulan

Berbeda dengan CARA KIRIM BARANG LEWAT KERETA API, SiCepat menawarkan layanan delivery sehingga barang akan diantarkan oleh kurir sampai ke alamat tujuan. Lalu cara kirim barang lewat SiCepat juga dapat dimanfaatkan oleh seller online secara cepat karena ada layanan pick up. Sekian informasi yang dapat kami berikan, semoga bisa bermanfaat.

Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.