Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

8 Cara Kirim Barang Lewat TIKI : Syarat & Cek Tarif Online

Cara Kirim Barang Lewat TIKI

TIKI memang menjadi salah satu perusahaan ekspedisi yang sudah berpengalaman di Indonesia dan menjadi pilihan banyak orang. Cara kirim barang lewat TIKI dipilih karena memiliki layanan yang lengkap serta ongkos kirim terjangkau.

Kelebihan kirim barang lewat TIKI adalah memiliki sistem online untuk cek tarif, lokasi kantor dan pengirimannya sehingga memudahkan pelanggan. Sebelumnya kami sudah membahas CARA KIRIM BARANG LEWAT SICEPAT dimana juga menjadi pesaing utama TIKI.

Namun untuk soal jaringan pengiriman memang TIKI lebih luas karena memiliki lebih dari 250 kantor cabang yang tersebar diseluruh Indonesia. Pastinya mencari TIKI terdekat akan jauh lebih mudah sehingga proses pengiriman barang dapat dilakukan secara cepat.

Disamping itu ketika kirim barang lewat TIKI kalian bisa memilih layanan seperti ONS, REG, SDS, TDS, ECO, INT ataupun TRC sesuai kebutuhan. Ketika ingin kirim barang secara cepat maka layanan SDS ataupun ONS dapat menjadi pilihan utama, sedangkan apabila membutuhkan ongkir murah maka bisa memilih REG ataupun ECO.

scarlet

Pelayanan TIKI online seperti cek tarif dan juga pelacakan barang juga akan sangat membantu konsumen mendapatkan informasi akurat. Terlebih TIKI juga memiliki layanan pengantaran setiap hari bahkan ketika hari minggu atau libur tetap beroperasi. Untuk cara kirim barang lewat TIKI silahkan simak penjelasan Ojolakademi.com dibawah ini.

Syarat Kirim Barang Lewat TIKI

Sebelum kriim barang lewat TIKI pengguna perlu mengetahui syarat serta ketentuannya. Tidak semua barang bisa dikirim menggunakan TIKI karena ada batasan serta aturan yang wajib ditaati. Beberapa persayratan kirim barang lewat TIKI seperti berikut.

  • Barang yang bisa dikirimkan berupa paket, dokumen ataupun surat.
  • Dilarang mengirimkan barang berbahaya, mudah meledak, terbakar, obat terlarang, barang bergargam emas, perhiasan, perak, uang tunai, platinum, cyanide, abu, metal, bilyet, giro, barang antik, lukisan dan yang dilarang oleh pemerintah.
  • Pengirim barang wajib memberikan informasi mengenai isi paket secara detail.
  • TIKI memiliki hak memeriksa isi paket dan menyesuaikannya dengan informasi yang diberikan oleh pengirim. Cek fisik dilakukan ketika ada dugaan barang berbahaya.
  • TIKI memiliki tanggung jawab ganti rugi ketika ada kerusakan, kehilangan ataupun kekurangan barang karena proses pengiriman.
  • Ganti rugi akan berupa 10 kali ongkos kirim dengan nilai tidak melebihi Rp.2.500.000 untuk kiriman domestik, sedangkan tujuan luar negeri maksimal $100 USD.
  • Pengguna dikenakan premi asuransi senilai 0,20% dari nilai pengiriman.

Cara Kirim Barang Lewat TIKI

Kemudian cara kirim barang lewat TIKI paling mudah dilakukan melalui kantor cabang terdekat dari lokasi kalian. Namun sebelumnya kalian dapat memanfaatkan website untuk cek tarif TIKI dan mendapatkan gambaran biayanya.

Kelebihan TIKI adalah memiliki garansi pengiriman barang sehingga ketika ada hal buruk saat perjalanan konsumen tetap mendapatkan ganti rugi. Lebih jelasnya kamu bisa memperhatikan cara kirim barang lewat TIKI dibawah ini.

1. Cek Tarif TIKI

Cara pertama adalah cek tarif atau ongkir TIKI dimana bisa dilakukan secara online. Kalian dapat memasukkan lokasi asal, tujuan, berat barang serta dimensinya untuk mendapatkan gambaran biaya kirim barang sampai ke lokasi tujuan.

  • Pertama dari browser kalian buka laman tiki.id/id/tariff. Lanjutkan dengan memasukkan lokasi asal dan tujuan pengirimannya.
cek tarif tiki
  • Setelah itu masukkan berat barang dan dimensi paketnya. Ketika sudah lanjutkan menekan tombol CARI
tiki online
  • Berikutnya layanan TIKI akan muncul beserta tarif dan perkiraan sampai. Kalian bisa jadikan acuan untuk memilih layanan TIKI dalam kirim barang ke lokasi tujuan.
cek tiki

2. Cara Packing Barang TIKI

Selanjutnya silahkan kalian kemas barang kalian secara rapi supaya terlindungi saat proses pengirimannya. TIKI memang menerapkan beberapa standar untuk pengemasan paket dengan beberapa bahan seperti berikut.

Packing Barang TIKI
  • Buble Warp : dipakai melapisi barang supaya terlindung dari goresan dan tidak mudah pecah.
  • Amplop : digunakan membungkus surat, dokumen, majalah, buku ataupun kertas sehingga akan terlindung.
  • Kardus : dipakai membungkus barang supaya terlindungi serta terhindari dari goresan dan benturan ketika perjalanan.
  • Kayu : dipakai melindungi barang yang memiliki ukuran besar, jumlahnya banyak ataupun alat elektronik yang membutuhkan penanganan khusus (HP, laptop, komputer)

Silahkan kalian kemas barang sesuai jenisnya, namun jika tidak ingin ribet maka bisa meminta petugas di kantor TIKI untuk packing. Namun jika packing dilakukan oleh petugas maka kalian akan dikenakan biaya tambahan pengemasan.

3. Cara Menulis Alamat Barang

Setelah mengemas barang maka kalian dapat menuliskan alamat pengirim dan penerima pada secarik kertas. Kebanyakan orang menuliskan alamatnya pada komputer kemudian di print sehingga akan terlihat jelas. Pisahkan identitas pengirim dan penerima, kemudian setelahnya bisa ditempelkan supaya memudahkan pihak TIKI.

Cara Menulis Alamat Barang

Letakkan informasi pengirim pada pojok kanan bawah paket, sedangkan penerimanya dipojok atas kiri. Namun ada juga yang menjadikan satu dan meletakkanya dibagian tengah paketnya. Kemudian untuk formatnya silahkan simak seperti berikut.

Pengirim:
Novia Kipaking
Jl. Soekarno Hatta No.19, Dusun Sambong, Desa Sawentas, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur, Kode POS 55871
Nomor Telepon : 0851123123123

Penerima:
Suyanto
Jl. Pahlawan No.21, Magelang, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Kode POS 56117
Nomor Telepon : 0852198345674

4. Cek Lokasi TIKI Terdekat

Sesudah paket siap di kirim kalian perlu mengetahui lokasi TIKI terdekat untuk mengirimkannya. Untuk membantu gunakan fasilitas dari website untuk menemukan lokasi TIKI sesuai dengan lokasi kalian seperti dibawah ini.

  • Cara pertama buka situs tiki.id/id/location, berikutnya ketikkan lokasi kalian pada kolom yang sudah disediakan kemudian cari.
tiki terdekat
  • Akan tampil lokasi TIKI terdekat, kalian tinggal klik titik lokasinya maka akan muncul informasi alamat lengkap dan nomor teleponnya.
Kirim Barang Lewat TIKI

5. Cara Kirim Barang Lewat Kantor TIKI

Sesudah mengetahui kantor TIKI terdekat maka langsung datangi ke lokasinya untuk kirim barang. Pastikan juga paketnya sudah dikemas dengan baik, namun jika tidak ingin repot bisa juga menggunakan jasa packing TIKI. Supaya tidak bingung simak prosedur kirim barang lewat TIKI berikut.

Kirim Barang TIKI
  • Sesudah sampai ke kantor atau agen TIKI maka sampaikan bahwa ingin mengirimkan barang.
  • Serahkan paketnya kepada petugas ditempat, kalian juga dapat meminta layanan packing.
  • Petugas akan menanyakan informasi berupa nama, alamat dan nomor HP baik pengirim ataupun penerima barangnya.
  • Setelah itu petugas akan memberikan penjelasan mengenai layanan pengiriman TIKI. Pilih layanan pengiriman TIKI meliputi SDS, ONS, TDS, REG, ECO, TRC ataupun INT
  • Sesudahnya petugasnya menyebutkan ongkos kirim yang harus dibayar.
  • Silahkan bayar ongkir dan setelahnya kalian akan menerima bukti pembayaran. Didalamnya akan terdapat nomor resi pengiriman.

6. Mendapatkan Bukti Pengiriman

Berikutnya sesudah mendapatkan bukti pengiriman/pembayaran kalian wajib mengetahui letak nomor resi TIKI. Nomor resi TIKI terdiri atas 12 digit angka unik dimana terletak disebelah barcode. Seperti pada gambar dibawah ini nomor resi bisa kalian peroleh secara mudah.

nomor resi

7. Cek Resi TIKI Online

Sesudah mendapatkanya maka cara kirim barang lewat TIKI selesai dilakukan dan bisa pulang kerumah. Pada umumnya cek resi dapat dilakukan setelah 1 atau jam karena membutuhkan waktu untuk input data ke sistem TIKI.

Aktivitas cek resi memang sangat berguna untuk memantau posisi paket sehingga jelas sudah sampai mana. Kalian tinggal melacak pengirimannya menggunakan nomor resinya, apabila belum paham langsung saja simak cara lengkapnya dibawah ini.

  • Buka halaman tiki.id/id/tracking, berikutnya kamu bisa memasukkan sampai maksimal 20 nomor resi dimana dipisahkan memakai koma.
Cek Resi Online
  • Setelah mengetikkan atau memasukkan nomor resi TIKI maka kalian tinggal menekan tombol Lacak
pengiriman tiki berapa lama
  • Status pengiriman barang akan muncul, untuk melihat riwayat perjalanannya tinggal gulir kearah bawah.
outlet terdekat 24 jam

8. Paket TIKI Sampai Tujuan

Setelah cek resi maka didapatkan posisi barang terkini yang akan terus berubah sesuai dengan perjalanannya. Ketika paket sampai ke cabang TIKI terdekat dari lokasi penerima maka pengiriman dilanjutkan oleh kurir. Secara langsung kurir TIKI akan mengantarkan barang sampai ke alamat penerima, setelah itu barulah proses pengiriman berhasil dilakukan.

Pengiriman TIKI Berapa Lama ?

Lantas pengiriman TIKI berapa lama? Jawabannya akan tergantung kepada jenis layanan yang dipilih oleh pengirim barang. Paling cepat memang menggunakan SDS (Same Day Service) dimana barang akan sampai dihari yang sama. Kemudian untuk layanan lainnya estimasi pengiriman barang seperti pada tabel dibawah ini.

Layanan TIKILama Pengiriman
SDS (Same Day Service)Sampai dihari yang sama
ONS (Overnight Service)1hari
TDS (Two Days Service)2hari
REG3-4hari
ECO4-5hari
TRC2-4hari
INT3-15hari

Kesimpulan

Dibanding CARA KIRIM BARANG LEWAT KERETA API bisa dikatakan TIKI memang lebih menguntungkan karena ada layanan delivery atau pengantaran sampai alamat penerima. Disamping itu jam operasional TIKI terdekat 24 jam dan tidak mengenal libur sehingga meminimalisir keterlambatan. Jadi apakah kamu tertarik melakukan cara kirim barang lewat TIKI?

Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *