Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

6 Cara Mengirim Barang Lewat Kapal Pelni : Layanan & Tarif Cargo

Cara Mengirim Barang Lewat Kapal Pelni

Layanan pengiriman barang memang semakin banyak jenisnya, salah satunya adalah jalur laut lewat kapal Pelni. Saat ini cara mengirim barang lewat kapal Pelni menjadi pilihan karena ongkir yang relatif jauh lebih murah. Keunggulan lainnya kapasitas cargo akan lebih besar sehingga memudahkan mengirim barang berukuran jumbo dan berjumlah banyak.

Pelni jadi salah satu jasa pengiriman barang lewat kapal laut paling terpercaya karena sudah memiliki pengalaman dan cakupan wilayah luas. Konsumen bisa mengirimkan barang antar pulau secara lebih mudah. Cukup berbeda dengan dengan CARA KIRIM BARANG LEWAT POS, Pelni mengandalkan kapal laut sebagai sarana transportasi utamanya.

Tak heran apabila cara kirim barang lewat pelabuhan harus dilakukan sendiri oleh konsumen karena memang tidak ada layanan pickup. Kemudian jika mengirim barang lewat Pelni maka konsumen bisa memilih ingin diambil di pelabuhan ataupun diantarkan oleh kurir. Kemudian jenis barang yang dapat dikirimkan lewat kapal Pelni juga lebih banyak, berbeda dengan ekspedisi pada umumnya yang menerapkan batasan.

Kelebihan Pelni dibanding jasa kirim kapal laut lainnya adalah dibekali fasilitas modern seperti cek resi ataupun booking online. Selain itu kalian dapat dengan mudah menyesuaikan jenis kapal maupun jadwal keberangkatan sehingga pengiriman berjalan lancar. Namun perlu diperhatikan bahwa konsumen tidak diperbolehkan mengirim barang berbahaya dan yang dilarang pemerintah Indonesia.

Kapal Pelni juga bisa dimanfaatkan untuk pengiriman barang dari marketplace online berukuran besar karena ekspedisi biasa memiliki batasan bobot paket. Keuntungannya pasti akan lebih mudah kirim barang apapun seperti funrinute, kendaraan bermotor bahkan sampai alat elektronik. Supaya kamu lebih jelas silahkan simak cara mengirim barang lewat kapal Pelni yang dirangkum Ojolakademi.com dibawah ini.

Layanan Pengiriman Kapal Pelni

Sebagai konsumen kamu pastinya wajib tahu layanan apa saja yang dihadirkan oleh Pelni. Sampai saat ini Pelni memiliki fasilitas logistik seperti 26 kapal penumpang, 7 kapal barang komersial, 1 kapal ternak serta 5 kapal barang tol laut. Pelni juga memberikan pilihan layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen seperti berikut.

  • Redpack Pelni : adalah layanan memakai kapal Pelni barang dengan berat maksimal 120 kg serta dimensi paket 100x50x50 cm. Tarif redpack pelni termasuk murah sehingga mampu dijangkau semua kalangan
  • General Cargo : layanan angkutan curah dengan tujuan seluruh pelabuhan Pelni di Indonesia. Digunakan untuk mengirim barang kebutuhan sehari-hari antar pulau
  • Dry Container : pelayanan kirim barang ke seluruh pelabuhan Pelni menggunakan container dengan kapasitas 10 atau 20 TEUs
  • Reefer Container : layanan muatan beku dengan tujuan seluruh pelabuhan Pelni memakai contaider berkapasitas 10 atau 20 TEUs
  • Angkutan Kendaraan : pengiriman kendaraan seperti motor, mobil dan juga truk antar pulau dengan jaminan garansi
Baca  5 Versi Maps Terbaik untuk Ojek Online : Paling Akurat & Gacor

Tarif Cargo Kapal Pelni

Berikutnya adalah tarif cargo kapal Pelni dimana memakai perhitungan berat barang per kilogram. Apabila semakin jauh jarak pengirimannya maka tarif kapal Pelni semakin bertambah mahal. Selain itu cakupan pengiriman kapal Pelni juga cukup luas sehingga ada banyak kota dengan pelabuhan yang menjadi tujuannya.

Kota TujuanTarif Kapal Pelni/Kg
Ambon15.000
Antambua22.000
Bajawa20.000
Bau-bau15.000
Biak18.000
Bima15.000
Bintuni25.000
Bitung15.000
Bone12.000
Bulukumba16.000
Dilli30.000
Dobo25.000
Dompu15.000
Ende17.000
Fak-fak20.000
Gorontalo18.000
Halmahera25.000
Jayapura17.000
Kaimana25.000
Kalabahi20.000
Kembar18.000
Kendari16.000
Kolaka18.000
Kotamobagu18.000
Kupang9.000
Larantuka17.000
Majene12.000
Makale13.000
Makassar9.000
Maluk22.000
Mamuju12.000
Manado15.000
Manokwari17.000
Maros10.000
Masohi20.000
Maumere18.000
Merauke25.000
Nabire20.000
Namlea20.000
Palopo12.000
Palu13.000
Pangkajene13.000
Pare-pare15.000
Passo20.000
Polewale15.000
Pomala20.000
Praya13.000
PulauBacan25.000
Ruteng17.000
Saumlaki25.000
Senggigi13.000
Serui25.000
Soe17.000
Sorong15.000
Sumbawa20.000
Talintang22.000
Tamohon20.000
Ternate20.000
Tidore25.000
Timika32.000
Tobelo25.000
Tondano20.000
WaikaBubak23.000
Waingapu22.000
Wamema37.000

Cara Mengirim Barang Lewat Kapal Pelni

Lantas bagaimana cara mengirim barang lewat kapal Pelni? Pada dasarnya kalian harus melalui beberapa tahapan mulai dari proses packing sampai penyerahan ke pihak Pelni. Perlu diperhatikan kalian harus mengemas barang secara rapi untuk menghindari kerusakan saat perjalanan menggunakan kapal laut. Pastikan juga memanfaatkan asuransi supaya mendapatkan jaminan ganti rugi ketika ada masalah.

1. Packing Paket

Cara pertama adalah silahkan packing barang secara benar supaya menghindari resiko kerugian. Mulai dari membungkus barang dengan bubble warp ataupun plastik secara rapat. Setelahnya masukkan barang kedalam kardus, supaya tidak bergoncang kalian bisa menambahkan potongan kain, styrofoam ataupun kertas.

Tutup kardus kemudian gunakan isolasi untuk merekakatnya dan jangan sampai bocor. Berikutnya bungkus kardus menggunakan plastik untuk melindungi seluruh permukaan kardus dari air. Rekatkan dengan isolasi supaya lapisan bisa tahan terdahadap sinar matahari, air ataupun udara.

2. Booking Online atau Datang ke Loket Pelni

Cara selanjutnya kalian bisa booking atau pesan layanannya secara online sehingga proses pembayaran dan pengisan data akan dilakukan. Jadi kelebihan booking online kalian hanya perlu menyerahkan paketnya ke loket Pelni saja. Lebih jelasmnya untuk cara pemesanan pengiriman barang kapal Pelni online simak dibawah ini.

  • Masuk ke laman mycargoo.pelni.co.id dari browser kalian, tekan Mulai Booking.
  • Muncul menu pilih jadwal, silahkan pilih pelabuhan asal dan tujuan kemudian jadwal kapal Pelni. Tekan Selanjutnya
  • Tampil laman Barang Muatan, pilih tipe muatan kemudian jumlahnya, tekan Tambah. Silahkan isikan detail muatan atau barang.
  • Lanjutkan dengan memilih penyedia layanannya.
  • Setelah itu isi data pengirim serta penerimanya.
  • Terakhir pilihlah metode pembayaran.
  • Kamu bisa melakukan pembayaran kemudian tinggal menyerahkan barang ke loket Pelni.
Baca  Murah GrabFood atau GoFood ? Perbandingan Ongkir & Keuntungan

Selain booking online akan lebih mudah apabila kalian mendatangi outlet Pelni secara langsung karena akan dilayani langsung oleh petugas. Ketika ada pertanyaan ataupun keluhan maka dapat ditangani kemudian mendapatkan penyelesaian.

3. Serah Terima Barang & Penimbangan

Kunjungi loket Pelni terdekat, kebanyakan berada pada area pelabuhan sehingga kalian dapat mendatanginya. Berikutnya setelah sampai serahkan barang kepada petugas kemudian paket akan langsung ditimbang untuk mengetahui beratnya. Hal ini karena ongkir kapal Pelni menggunakan acuan berat barang sebagai penentu tarifnya.

4. Pendataan & Pembayaran

Berikutnya petugas akan menanyakan mengenai alamat, nama lengkap dan nomor handphone baik untuk penerima ataupun pengirim barangnya. Berikan data secara lengkap supaya dalam mengirim barang tidak terjadi salah alamat. Setelah data dimasukkan maka petugas akan menyebutkan biaya ongkir yang harus dibayar.

Silahkan lakukan pembayaran sesuai yang disebutkan, setelah itu petugas akan mencetak label dan bukti pengiriman. Selanjutnya label pengiriman akan ditempelkan ke paket kalian dan bukti kiriman diberikan. Pada bukti kirim akan tertera nomor resi atau kode bayar yang bisa dimanfaatkan untuk melacak perjalanan barang.

5. Cek Resi Pelni

Setelah mendapatkan bukti pengiriman maka kalian bisa memanfaatkan nomor resi yang ada untuk cek secara online. Pelni mempunyai fasilitas website yang dapat diakses selama 24 jam penuh sehingga memudahkan konsumen mengetahui posisi barang. Bagi yang baru melakukan cara mengirim barang lewat kapal Pelni simak pelacakan resinya dibawah ini.

  • Dari browser masuk ke halaman mycargoo.pelni.co.id/home/tracking
  • Ketikkan nomor resi pada kolom yang disediakan
  • Tekan tombol Cari
  • Status pelacakan barang akan muncul dilayar.

Cek resi memang sangat penting untuk memastikan perjalanan kapal Pelni berjalan lancar serta tidak mengalami hambatan. Ketika cara mengirim barang lewat kapal Pelni dilakukan pastinya dibutuhkan pemantauan agar bisa memperkirakan kapan waktu sampainya.

6. Barang Akan Sampai

Setelah perjalanan menggunakan kapal Pelni maka barang akan sampai ke pelabuhan tujuan. Apabila memilih mengambil di pelabuhan maka bisa menunggu sampai bongkar muat kapal selesai. Namun jika memanfaatkan pengiriman lanjutan maka kalian harus menunggu proses pengantaran oleh kurir ke alamat tujuan.

Pengiriman Barang Lewat Kapal Laut Berapa Lama ?

Apabila diperkirakan cara mengirim barang lewat kapal Pelni memiliki estimasi 3 sampai dengan 12 hari bergantung kepada wilayah tujuannya. Kemudian untuk waktu bongkar muat barang ke kapal kurang lebih 2 sampai 3 jam, jadi yang mengambil barang di pelabuhan harus menunggu dulu.

Pada dasarnya estimasi kirim barang lewat kapal Pelni lebih cepat apabila dibandingkan dengan kapal dari perusahaan swasta. Hal ini karena keberangkatan kapal Pelni sudah terjadwal sehingga kita bisa memperkirakan kapan barang akan sampai.

Kesimpulan

Meskipun cara mengirim barang lewat kapal Pelni tergolong murah, namun nyatanya memang estimasi waktunya lebih lama dibanding ekspedisi lainnya. Misalnya CARA KIRIM PAKET LEWAT NINJA EXPRESS yang menjanjikan maksimal 3 hari sampai, sedangkan kapal Pelni bisa sampai seminggu. Namun begitu kamu bisa mengirim barang berukuran besar dibanding ekspedisi lainnya.

Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.