Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

3 Cara Perpanjang SKCK Beda Domisili & Syarat Membuat Online

Cara Perpanjang SKCK Beda Domisili

Kita tentunya sudah mengenal SKCK ataupun Surat Keterangan Catatan Kepolisian dimana dapat dipakai untuk berbagai keperluan. Pada dasarnya lewat SKCK akan dijelaskan ada ataupun tidaknya catatan kriminal kejahatan. SKCK hanya berlaku dalam waktu 6 bulan semenjak diterbitkan dan dapat di perpanjang. Kemudian bagaimana cara perpanjang SKCK beda domisili?

Seringkali karena lokasi yang jauh membuat kita tidak dapat langsung memperpanjang SKCK karena keterbatasan jarak dan waktu. Memang perpanjang SKCK bisa dimana saja asalkan mengikuti wilayah domisili sesuai KTP pemohon. Terlebih SKCK menjadi syarat utama dihampir semua perusahaan untuk membuktikan bahwa pelamar kerja bebas dari catatan kriminal.

Sebelumnya kami sudah membahas mengenai GAJI MAGANG BAKTI BCA dimana termasuk cukup besar. Namun semuanya tidak dapat terwujud jika pelamar kerja tidak menyerahkan SKCK sebagai tanda bahwa bersih dari tindakan dan catatan kriminalitas. Dari pengalaman buat SKCK luar domisili memang dapat dilakukan asalkan memenuhi syarat dan ketentuan berlaku.

Pada dasarnya cara perpanjang SKCK memang dilakukan langsung pada kantor polisi sesuai domisili dengan membawa persyaratan dokumen lengkap. Berikutnya kalian harus mengisi formulir dengan data yang dibutuhkan, baru kemudian SKCK bisa dicetak. Dengan kemajuan teknologi kini cara perpanjang SKCK online di luar domisili juga dapat dilakukan.

scarlet

Bedanya pada cara memperpanjang SKCK online pengisian formulir dilakukan dari website resmi kemudian kalian juga wajib upload dokumenh yang dibutuhkan. Pastinya dengan adanya cara membuat SKCK online di luar domisili akan semakin memudahkan setiap orang memenuhi kebutuhannya. Supaya lebih jelas mengenai cara perpanjang SKCK beda domisili simak pembahasan Ojolakademi.com dibawah ini.

Apakah Perpanjang SKCK Bisa di Polsek Mana Saja

Pertanyaan yang sering muncul apakah perpanjang SKCK bisa di Polsek mana saja? Semuanya bergantung kepada kebijakan Polres dimana kalian berada, ketika bisa memperpanjang SKCK wajib menyertakan surat rekomendasi yang didapatkan dari Polsek asal dan juga desa/keluarahan.

Pertanyaan apakah bisa membuat SKCK di luar domisili akan dapat terjawab dengan menanyakannya langsung ke Polres ataupun Polsek setempat. Ketika memang tidak diijinkan perpanjang dari Polres maka kalian dapat memilih untuk menggunakan cara online karena lebih mudah dan cepat. Selain itu kamu juga tidak perlu mendatangi kantor, cukup dari rumah saja bisa.

Syarat Perpanjang SKCK di Luar Domisili

Dengan mengurus SKCK beda domisili secara online maka akan menghemat waktu kalian karena tidak perlu pulang kampung dimana membuang ongkos dan waktu. Cukup memanfaatkan fasilitasnya pembuatan SKCK akan dapat dilakukan dari mana saja dalam waktu yang cukup singkat.

Memang perpanjang SKCK di luar domisili semakin dipermudah semenjak munculnya fitur pendaftaran online. Namun tetap cara perpanjang SKCK beda domisili akan membutuhkan syarat berupa dokumen serta informasi pribadi pemohon. Kemudian untuk warga negara Indonesia dan asing akan memiliki beberapa persyaratan berbeda.

Warga Negara IndonesiaWarga Negara Asing
FC KTP & KTP asliSurat permohonan yang berasal dari perusahaan/sponsor/lembaga/penyedia kerja
FC akte kelahiran/surat kenal lahir/surat nikah/ijasah Fotocopy KTP & surat nikah ketika sponsornya berasal dari suami/Istri WNI
FC Kartu Keluarga/KKFotocopy Pasport
Dokumen sidik jari & rumus sidik jari (jika dibutuhkan)Fotocopy KITAS (Kartu Ijin Tinggal Terbatas) atau (KITAP)
FC kartu indentitas untuk yang belum mempunyai KTPFotocopy KITAP (kartu ijin tinggal tetap)
Pas photo warna 4×6, 6 lembar berlatar belakang merahFotocopy IMTA yang berasal dari KEMANAKER RI
Fotocopy STM (Surat Tanda Melapor)
 Dokumen sidik jari & rumus sidik jari (jika dibutuhkan)
 Pas photo warna 4×6, 6 lembar berlatar belakang merah

Cara Perpanjang SKCK Beda Domisili

Kemudian cara perpanjang SKCK beda domisili dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya lewat keluarga ataupun teman dekat, online serta menggunakan jasa. Kebutuhan perpanjang SKCK paling sering digunakan untuk melamar pekerjaan mulai ruang lingkup kecamatan, kabupaten sampai dengan provinsi.

SKCK juga dipakai sebagai syarat untuk mencalonkan diri sebagai kepala desa, daftar sekertaris & aparatur desa, calon pejabat, notaris, mendaftar PNS, anggota TNI/POLRI, pindah alamat, melanjutkan pendidikan, adopsi anak, pendaftaran VISA, Pasport dan masih banyak lainnya. Untuk dapat memperpanjang silahkan simak beberapa cara dibawah ini.

1. Cara Perpanjang SKCK Melalui Teman atau Kerabat

Cara perpanjang SKCK beda domisili yang pertama adalah meminta tolong kepada keluarga, saudara, teman ataupun kerabat untuk memperpanjang SKCK pada domisili asal. Kalian perlu mempersiapkan semua persyaratan lengkap sehingga dalam prosesnya akan mudah dilakukan. Biasanya ketika mewakilkan perpanjangan SKCK akan dibutuhkan surat kuasa dan orang yang mewakili wajib memberikan KTP.

  • Kumpulkan semua persyaratan, setelah itu silahkan membuat surat kuasa terlebih dahulu dengan materai.
  • Cara selanjutnya adalah membuat dokumen rekam sidik jari dimana dapat dilakukan pada lokasi Polsek ataupun Polres terdekat dari lokasi kalian. Dalam pembuatannya diperlukan pas phoro 2 x 3 serta 4 x 6 berlatar merah.
  • Kumpulkan semua dokumen kedalam satu amplop kemudian kirimkan ke alamat orang yang kalian minta memperpanjang SKCK.
  • Berikutnya sesudah dokumen sampai maka orang yang mewaili kamu harus mendatangi kantor polisi untuk memproses perpanjang SKCK.
  • Pada prosesnya harus memberikan surat kuasa, mengisi formulir dan juga memberikan KTP sebagai wakil yang sah.
  • Setelahnya SKCK akan jadi dan wakilnya dipanggil untuk mengambilnya. Apabila sudah menerima SKCK maka dapat wakil dapat mengirimkannya ke alamat kalian.

2. Cara Perpanjang SKCK Online di Luar Domisili

Ketika tidak ingin repot mengirim berkas dan membuat surat kuasa maka kalian dapat melakukan cara perpanjang SKCK beda domisili online. Kalian akan diminta mengisikan formulir mengenai data diri, orang tua, catatan kriminal serta banyak lainnya. Nantinya juga diminta upload foto KTP, foto diri 4 x 6, Paspor, Kartu Keluarga, Akta lahir/ijazah dan sidik jari jadi pastikan persiapkan dulu.

  • Sesudah semua dokumennya siap maka kunjungi laman skck.polri.go.id maka muncul tampilan sebagai berikut. Lanjutkan dengan menekan tulisan FORM. PENDAFTARAN disebelah kanan paling atas
cara perpanjang skck online di luar domisili
  • Cara berikutnya pilih keperluan membuat SKCK, lanjutkan memilih kesatuan wilayah Kepolisian sesuai domisili kalian
cara memperpanjang skck online
  • Dibawahnya isikan alamat lengkap sesuai dengan KTP, kemudian memilih cara bayar dan menekan LANJUT
cara membuat skck online di luar domisili
  • Masukkan nama lengkap kalian dan semua informasi pribadi. Berikutnya upload foto diri foto diri 4 x 6 dan menekan LANJUT
perpanjang skck bisa dimana saja
  • Masukkan data suami atau istri secara lengkap. Dibawahnya isikan data ayah.
perpanjang skck di luar domisili
  • Kemudian tinggal mengisi data ibu serta saudara kandung/tiri. Ketika sudah lengkap tekan LANJUT
apakah perpanjang skck bisa di polsek mana saja
  • Pilih tingkat pendidikan, nama sekolah, provinsi, kab/kota serta tahun kelulusan. Tekan LANJUT
apakah bisa membuat skck di luar domisili
  • Isikan apakah kalian pernah terlibat dalam perkara kriminal dan pelanggaran. Isikan secara jujur dan tekan LANJUT
pengalaman buat skck luar domisili
  • Setelahnya isikan semua ciri fisik kamu dengan lengkap supaya mudah dalam proses pengajuannya. Tap LANJUT
Perpanjang SKCK Beda Domisili
  • Lalu cara perpanjang SKCK beda domisili berikutnya adalah upload foto KTP, Paspor, KK, akta lahir/ijazah dan dokumen sidik jari satu persatu. Cara berikutnya tekan LANJUT
unggah dokumen
  • Terakhir isikan data yang dibutuhkan beserta alamat emailnya. Centang persetujuan kemudian tekan PROSES
kirim formulir
  • Berikutnya tampil nomor antrian dimana dipakai sebagai bukti pengambilan SKCK di kantor polisi terdekat. Pada umumnya pengambilan dapat dilakukan keesokan hari sesudah mendapatkan nomor antrian

3. Cara Memperpanjang SKCK Lewat Jasa

Kemudian cara perpanjang SKCK beda domisili terakhir adalah melalui jasa. Pada umumnya ada beberapa orang yang menawarkan layanan untuk pengurusan dokumen dimana dapat kalian manfaatkan kapan saja. Namun perlu berhati hati dalam memilih jasa, pastikan sudah terpercaya dan memiliki testimoni yang baik.

Kekurangannya memang kamu harus keluar biaya untuk perpanjang SKCK beda domisili. Setiap jasa pengurusan SKCK akan memberikan tarif berbeda beda, pada umumnya mengikuti jauhnya jarak dari domisili asal. Namun cara perpanjang SKCK beda domisili lewat jasa akan efektif jika kamu tidak mempunyai anggota keluarga diwilayah asal.

Kesimpulan

Pastinya cara perpanjang SKCK beda domisili akan memudahkan pada saat akan mendaftar ke perusahaan. Kami sebelumnya membahas GAJI PT ASTRA dimana cukup besar, namun untuk syaratnya memang banyak termasuk SKCK terbaru didalamnya. Ketika kamu ada diwilayah lain pastinya perpanjang SKCK beda domisili wajib dilakukan.

Rekomendasi cara perpanjang SKCK beda domisili terbaik adalah secara online karena mampu menghemat waktu, biaya serta tenaga. Kemudian setelah jadi kamu dapat mengambil SKCK dari kantor Polisi yang sudah dipilih sesuai wilayah layanannya. Demikian pembahasan cara perpanjang SKCK beda domisili, semoga akan berguna untuk kamu semuanya.

sumber gambar : skck.polri.go.id

Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *