Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

√ Jam Kerja Karyawan Indomaret : Sistem, Resiko & Hari Libur

Jam Kerja Karyawan Indomaret

Saat ini Indomaret menjadi salah satu franchise minimarket terbesar di Indonesia dan cabangnya dapat dengan mudah dijumpai bahkan sampai wilayah desa. Peluang bekerja di Indomaret juga semakin luas karena banyak dibukanya cabang baru. Bagi calon pelamar pastinya wajib mengetahui jam kerja karyawan Indomaret supaya bisa memperoleh gambaran.

Secara umum jam kerja karyawan Indomaret akan mengikuti waktu buka tutup setiap outlet. Tak jarang dibeberapa wilayah Indomaret bisa buka sampai 24 jam. Sebelumnya kami sudah membahas mengenai TUGAS PRAMUNIAGA INDOMARET dimana akan mengikuti jam kerja berdasarkan shift. Karena waktu kerja hampir seharian penuh maka Indomaret membaginya kedalam beberapa shift.

Kemudian untuk sistem kontrak kerja di Indomaret akan hampir sama dengan karyawan tetap, demikian pula dengan jam kerjanya. Lalu jam kerja Indomaret sekarang memang lebih banyak karena harus buka tiap hari sehingga jadwalnya semakin ketat. Hal tersebut karena kebutuhan konsumen yang bertambah banyak dan mempercayai Indomaret sebagai tempat belanjanya.

Kelebihan utama dari Indomaret adalah pelayanan 24 jam dimana sangat berbeda dengan toko pada umumnya yang sore sudah tutup. Jadi Indomaret bisa memperoleh keuntungan lebih banyak karena mampu menjangkau semua konsumen dalam jam kerja. Terlebih seiring berkembangnya jaman jenis produk yang ditawarkan juga semakin banyak jadi menarik minat pelanggan lebih besar lagi.

scarlet

Jika bertanya enakan kerja di Indomaret atau Alfamart sebenarnya jawabannya relatif karena keduanya memang buka setiap hari. Kemudian untuk sistem kerja kurang lebih sama sehingga tidak akan ada perbedaan signifikan. Untuk mengetahui jam kerja karyawan Indomaret silahkan simak penjelasan Ojolakademi.com dibawah ini.

Berapa Hari Kerja di Indomaret

Jika ditotal hari kerja karyawan Indomaret sekitar 26 hari setiap bulan, hal tersebut karena dalam sebulan karyawan mendapatkan libur sebanyak 4 kali. Jadi karyawan bebas mengambil hari libur maksimal 4 hari dalam waktu sebulan, tidak harus setiap minggu namun dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing masing personal.

Apabila dilihat dari hari kerja maka hampir sama seperti karyawan lainnya dimana mendapatkan jatah libur 4 kali. Namun kebanyakan ketika tanggal merah ataupun hari minggu karyawan dibutuhkan masuk karena disaat itu akan ada banyak pelanggan. Jadi untuk kebijakan hari apa saja yang bisa diambil untuk libur karyawan akan bergantung kepada kepala toko Indomaret.

Jam Kerja Karyawan Indomaret

Lantas bagaimana dengan jam kerja karyawan Indomaret? Sesuai dengan ketentuan kebanyakan outlet Indomaret, karyawan akan melayani konsumen setiap hari mulai senin sampai dengan minggu. Kemudian untuk jam buka tutup Indomaret rata rata akan menyesuaikan kebijakan dari tiap outlet, namun kebanyakan memakai sistem sebagai berikut.

Hari KerjaJam kerja karyawan Indomaret
Senin07.00 – 22.30 WIB
Selasa07.00 – 22.30 WIB
Rabu07.00 – 22.30 WIB
Kamis07.00-22.30 WIB
Jumat 07.00-22.30WIB
Sabtu 07.00-22.30WIB
Minggu07.00-22.30WIB

Namun ada pula Indomaret dikota besar yang buka sampai 24 jam karena memang ramai pelanggan serta harus tetap dapat melayaninya. Kebanyakan berapa dikota Surabaya, Semarang, Jakarta, Medan, Bandung dan lain sebagainya. Kemudian untuk jam kerja karyawan Indomaret akan dibagi menggunakan sistem shift.

Shift kerja karyawan Indomaret akan terbagi dalam pagi, siang serta malam dimana akan secara bergantian dengan karyawan lainnya. Untuk satu shift kerja karyawan Indomaret adalah 8 jam dimana jika dilakukan 3 shift maka hasilnya tepat 24 jam. Kemudian untuk masing masing shift satu karyawan akan secara bergantikan bekerja pada jam seperti berikut.

ShiftJam Kerja
1 Pagi07.00-15.00
2 Siang15.00-23.00
3 Malam23.00-07.00

Jadi tak heran apabila Indomaret bisa buka seharian penuh karena memang ada pergantian 3 shfit karyawan berbeda. Disamping itu fasilitas karyawan Indomaret juga cukup menguntungkan seperti tunjangan maupun bonus jika melebihi waktu shift. Namun ada pula beberapa cabang Indomaret yang menerapkan sistem shift berbeda, semuanya bergantung kepada kebijakan.

Resiko Kerja di Indomaret

Setelah mengetahui jam kerja Indomaret memang tidak semua orang dapat menjalaninya karena memang ada cukup banyak tuntutan. Selain hari libur karyawan Indomaret yang hanya 4 hari, ada beberapa resiko kerja di Indomaret yang membuat sebagian orang tidak betah, lebih jelasnya simak dibawah ini.

  • Sistem kerja shift dimana acak karena menyesuaikan jadwal dari Indomaret. Bisa jadi pada satu minggu kalian akan mendapatkan jam kerja pagi, siang ataupun malam sehingga dibutuhkan fisik yang kuat
  • Resiko dimutasi ke cabang Indomaret lainnya karena adanya promosi jabatan, alasan manajemen ataupun pindah posisi
  • Harus siap kerja dihari libur serta tanggal merah bahkan mencakup Idul Fitri, Natal dan hari besar keagamaan lainnya. Seringkali karena libur justru konsumen Indomaret semakin banyak yang datang
  • Adanya penambahan jam kerja karyawan Indomaret biasanya terjadi jika karyawan lain tidak dapat berangkat, sakit ataupun ada halangan lainnya. Pastinya karyawan sebelumnya harus meneruskan shift dan sayangnya tidak dihitung lembur karena dianggap menggantikan karyawan lainnya
  • Saat ada barang rusak maka kalian harus menggantinya semisal memecahkan botol, merusak kemasan ataupun lainnya. Namun berbeda halnya jika dikarenakan hewan, pengiriman ataupun alasan diluar karyawan maka tidak wajib mengganti
  • Ganti rugi jika barang hilang akibat pencurian atau kesalahan karyawan

Kesimpulan

Ketika berminat menjadi karyawan Indomaret maka kalian dapat mendaftar kemudian menjalani tes tertulis dan wawancara. Sebelumnya kami sudah memberikan CONTOH SOAL TES MASUK INDOMARET dimana akan membantu kalian dalam belajar. Sekian pembahasan mengenai jam kerja karyawan Indomaret semoga dapat jadi gambaran untuk kalian.

Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *