Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

√ Jam Kerja Karyawan Alfamart : Sistem Kerja, Shift & Resiko

Jam Kerja Karyawan Alfamart

Alfamart adalah franchise minimarket paling besar di Indonesia yang hadir untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan tiap harinya. Bagi yang berminat melamar pekerjaan disana pastinya wajib mengetahui jam kerja karyawan Alfamart supaya tidak kaget. Ada beberapa posisi dalam sebuah outlet Alfamart dimana dimulai dari kepala toko, wakilnya, pramuniaga serta kasir dimana sering disebut crew store.

Pada umumnya jam kerja karyawan Alfamart menggunakan sistem shift sehingga secara bergantian toko dapat terus buka dari pagi sampai malam. Hal ini sama dengan JAM KERJA KARYAWAN INDOMARET karena keduanya memang saling bersaing untuk mendapatkan konsumen. Tak heran jika jam kerja Alfamart melebihi toko biasa karena memang sistem kerjanya lebih profesional.

Demikian jam kerja helper Alfamart dimana sudah dijadwalkan sesuai dengan ketentuan toko masing masing. Bisa dikatakan kebutuhan konsumen memang tidak akan berhenti untuk mencari produk ataupun barang yang diinginkan bahkan libur sekalipun. Oleh karena itu Alfamart buka setiap hari dari pagi hingga malam.

Berbagai jenis transaksi akan dilayani mulai dari pembelian barang, transfer, top up, bayar tagihan, cicilan, pulsa, paket data serta banyak lainnya. Kemudahan yang ditawarkan Alfamart dapat dimanfaatkan oleh konsumen untuk memenuhi semua keperluan sehari hari. Tak heran jika gaji crew store Alfamart termasuk cukup besar karena memang tanggung jawabnya juga lebih berat.

scarlet

Kalian wajib mengikuti jam kerja karyawan Alfamart menyesuaikan jadwal masuk yang sudah disusun sebelumnya. Untuk penjelasan mengenai sistem, jam kerja karyawan Alfamart bahkan sampai resikonya simak rangkuman Ojolakademi.com dibawah ini.

Sistem Kerja di Alfamart

Sistem kerja Alfamart secara menyeluruh seperti melakukan manajemen stock barang, menjaga kebersihan outlet, sortir prouk expired, melayani pembeli, manajemen keuangan, perawatan alat dan masih banyak lainnya. Untuk pelakunya adalah karyawan Alfamart sesuai dengan jabatan serta tanggung jawab masing masing.

Perbedaan sistem kerja Alfamart dan Indomaret paling terlihat dari jabatan maupun tanggung jawab yang dipegang. Pada Alfamart terdapat jenis jabatan meliputi Chief of Store, Asisten Chief of Store dan juga Crew Store. Masing masing posisi mempunyai tugas berbeda beda dimana wajib untuk kalian ketahui sebagai berikut.

  • Chief of Store : adalah kepada toko dimana jabatannya tertinggi dimana mempunyai tugas menjaga kerjasama team, penengah ketika ada permasalahan, memastikan karyawan menjalankan tugasnya, mencapai target penjualan serta menghindarkan dari minus ketika proses audit.
  • Asistent Chief of Store : adalah wakil kepala toko dimana bertugas membuat laporan, manajemen keuangan, mengecek barang, mengatur shift serta mengurus pengembalian barang.
  • Crew Store : adalah karyawan dimana terdiri dari pramuniaga dan kasir. Untuk pramuniaga pada umumnya pria dimana bertugas mengatur barang dirak, bersih bersih, sortir barang expired, mengawasi konsumen, membantu kasir, perawatan alat, bongkar muat barang. Sedangkan kasir umumnya perempuan dimana tugasnya melayai pembelian, menawarkan promo, cek pembayaran, serta menghindari minus sebelum shift berakhir.

Jam Kerja Karyawan Alfamart

Lantas bagaimana dengan jam kerja karyawan Alfamart? Jam kerja akan mengikuti waktu buka serta tutup Alfamart kemudian tiap karyawan berangkat menyesuaikan jadwal shift. Secara umum sebulan karyawan Alfamart akan mendapatkan libur 4 hari yang diambil seminggu sekali. Sesuai dengan ketentuan kepala toko waktu libur dapat juga diatur ketika ada kepentingan mendadak.

Waktu Buka & Tutup Alfamart

Alfamart buka dari senin sampai dengan minggu atau tiap hari dengan jam operasional yang berbeda beda setiap outletnya. Kadang ada yang membatasinya sampai jam tertentu, kadang juga ada yang buka sampai 24 jam penuh. Kemudian untuk rata rata jam operasional yang digunakan banyak outlet Alfamart seperti dibawah ini.

  • Senin = 07.00-23.00 WIB
  • Selasa = 07.00-23.00 WIB
  • Rabu = 07.00-23.00 WIB
  • Kamis = 07.00-23.00 WIB
  • Jumat = 07.00-23.00 WIB
  • Sabtu = 07.00-23.00 WIB
  • Minggu = 07.00-23.00 WIB

Bisa dikatakan jam kerja karyawan Alfamart memang lebih panjang dibandingkan toko pada umumnya. Hal ini karena untuk memenuhi kebutuhan konsumen dimana setiap saat akan selalu ada. Terlebih Alfamart terus berkembang dengan menghadirkan banyak produk baru tiap harinya yang mampu menarik minat pembeli.

Jadwal Shift Karyawan Alfamart

Kemudian jam kerja karyawan Alfamart akan mengikuti jadwal shift dimana bergantian masuk tiap harinya. Alfamart memiliki 2 shift yatu pagi dan juga siang dimana tiap shiftnya terdiri dan 8 jam kerja sehingga toko dapat beroperasi lebih lama lagi. Kemudian untuk jam ganti shiftnya seperti berikut ini

  • Shift pagi mulai dari jam 07.00 sampai dengan 15.00 WIB. Karyawan harus datang tepat waktu untuk membuka outlet.
  • Shift siang mulai jam 15.00 hingga 23.00 WIB. Karyawan datang tepat waktu dan setelah selesai shiftnya wajib menutup outlet.

Karena jam kerja karyawan Alfamart sangat erat kaitannya dengan waktu shift maka akan ada jadwal yang dibuat oleh kepala toko. Jadwal tersebut berlaku dari senin sampi minggu dimana menentukan kapan harus masuk dan libur. Sebagai gambarannya kalian dapat simak contoh jadwal shift yang sering digunaan dibanyak Alfamart.

JabatanSeninSelasaRabuKamisJumatSabtuMinggu
Chief of Store (Kepala Toko)PagiPagiPagiPagiPagiPagiLibur
Asisten Chief of StoreSiangSiangPagiPagiPagiLiburSiang
Karyawan 1PagiLiburSiangSiangSiangPagiPagi
Karyawan 2SiangPagiSiangPagiLiburSiangSiang
Karyawan 3LiburSiangPagiSiangsiangPagiPagi

Untuk karyawan 1,2 serta 3 adalah pramuniaga dan kasir dimana memang mendapatkan jatah libur yang sama dengan lainnya. Jadi dalam seminggu kalian akan mendapatkan shift pagi ataupun siang sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan.

Resiko Kerja di Alfamart

Lantas apakah ada resiko kerja di Alfamart? Sebagai karyawan Alfamart tentunya harus siap bekerja kapanpun sesuai jadwal serta memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen. Karyawan juga wajib taat terhadap aturan serta datang tepat waktu supaya tidak terkena masalah. Berikut ini beberapa resiko kerja di Alfamart yang wajib kalian tahu.

  • Harus siap kerja dengan sistem shift dimana jadwalnya dapat berganti ganti sesuai ketentuan kepala toko.
  • Harus siap mengantikan shift karyawan lain yang tidak berangkat dengan meneruskan ke shift selanjutnya. Hal ini sering terjadi ketika ada kepentingan mendadak ataupun sakit dimana karyawan dapat bertukar jadwal.
  • Tanggung jawab untuk mengganti produk yang hilang ataupun rusak selama waktu shiftnya. Semisal merusak kemasan saat bongkar muat, memecahkan botol ataupun tindakan lain yang berasal dari kelalaian karyawan maka wajib ganti rugi.
  • Memiliki kesiapan untuk ditempatkan pada outlet Alfamart manapun meskipun jauh dari domisili. Hal ini sering terjadi ketika satu cabang Alfamart kekurangan karyawan.
  • Siap kerja meskipun hari libur mencakup minggu dan tanggal merah. jadi ketika hari besar agaman kalian juga wajib siap kerja karena disitulah banyak konsumen.

Kesimpulan

Pada dasarnya TUGAS PRAMUNIAGA INDOMARET memang sama dengan crew store Alfamart dimana memiliki tanggung jawab paling banyak. Tidak dipungkiri juga memang ada sistem kontrak kerja di Alfamart dimana ketika sudah melalui 2,5 tahun dapat diangkat jadi karyawan tetap. Pastinya dengan mengetahui jam kerja karyawan Alfamart akan memudahkan kalian dalam mendapatkan gambaran bagaimana pekerjaannya.

Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *