Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

Akun Grab Belum Diaktifkan : Penyebab & Cara Mengatasi

Akun Grab Belum Diaktifkan
Advertisements

Ketika mengalami akun Grab belum diaktifkan pastinya akan membuat mitra menjadi tidak dapat menerima orderan dan bekerja. Kejadian akun Grab belum diaktifkan bisa dialami oleh mitra yang baru saja mendaftar ataupun mitra lama yang terkena suspend/dibekukan.

Penyebab akun Grab belum diaktifkan memang cukup beragam sehingga perlu dibedah satu persatu. Ketika akun nonaktif secara otomatis CARA ISI SALDO DRIVER VIA GRABMERCHANT ataupun aktivitas lainnya tidak dapat dilakukan.

Pada dasarnya cara mengaktifkan akun Grab yang dinonaktifkan masih mungkin dilakukan selama belum terkena putus mitra. Jadi akun dalam keadaan nonaktif dimana tidak dapat dipakai untuk on bid sebelum diaktifkan ulang kembali.

Advertisements

Biasanya untuk mitra terkena suspend maka tidak bisa login akun Grab driver dan muncul pemberitahuan akun belum diaktifkan. Hal ini sama dengan driver yang baru mendaftar akun Grab dimana membutuhkan verifikasi data lebih lanjut.

Memang cara mengaktifkan akun Grab driver baru berbeda dengan mitra lama karena memang sumber masalahnya harus diatasi dengan langkah masing masing. Supaya kamu tidak bingung silahkan simak penjelasan penyebab dan cara mengatasi akun Grab belum diaktifkan yang dirangkum Ojolakademi.com dibawah ini.

Penyebab Akun Grab Belum Diaktifkan

Pertama kalian harus mengetahui penyebab mengapa akun Grab belum diaktifkan. Apabila dibedakan berdasarkan status mitra pengemudi lama serta baru pastinya ada sebab utama yang mempengaruhi status akun kalian saat ini.

Pada umumnya akun Grab akan menampilkan notifikasi berisi sumber masalah dan juga langkah untuk mengatasinya. Namun untuk sebagian kasus tidak dimunculkan alasan akun Grab belum diaktifkan. Oelh karena itu kamu bisa simak beberapa penyebabnya dibawah ini.

1. Akun Grab Terkena Suspend atau Dibekukan Sementara

Pertama adalah akun Grab terkena suspend atau dibekukan karena melanggar kode etik. Sistem pelanggaran memang ada yang ditentukan dari sistem ataupun laporan pelanggan sehingga kamu wajib mengetahuinya.

Biasanya jika terjadi pelanggaran maka akun akan memperoleh notifikasi di aplikasi, email ataupun SMS. Kamu juga perlu berhati hati karena jika diabaikan dan terus melanggar maka akibatnya terkena putus mitra. Penyebab suspend perlu kamu ketahui supaya lebih mudah dalam penanganannya.

  • Akun Grab sudah tidak aktif dalam waktu 3 bulan sehingga dikenakan manual suspend. Akan tampil notifikasi akun Grab belum diaktifkan dimana perlu ditangani segera.
  • Pelanggaran kode etik ringan sampai dengan berat karena kelalaian mitra ataupun laporan dari penumpang.
  • Sering membatalkan ataupun menolak pesanan masuk.
  • Sering mengganti nama pada akun Grab sehingga menyebabkan gagal login kemudian dibekukan sementara waktu.
  • Terdeteksi oleh sistem selalu membawa penumpang dengan identitas yang sama. Hal ini menyebabkan adanya indikasi orderan fiktif atau palsu.
  • Memperoleh bintang 1 kemudian ada laporan dari pelanggan sehingga menyebabkan akun Grab dinonaktifkan.
  • Plat nomor kendaraan yang dibawa berbeda dengan aplikasi sehingga menyebabkan ketidaknyamanan pelanggan.
Baca  Cara Hapus Akun Grab Penumpang

2. Sudah Daftar Online Grab Tapi Belum Dipanggil

Lalu akun Grab belum diaktifkan juga bisa jadi karena sudah melakukan pendaftaran namun belum ada panggilan. Pada prosesnya memang mitra Grab wajib mendatangi kantor operasional sesuai domisili untuk melengkapi persyaratan dan mendapatkan training. Jadi ketika kalian sudah mendaftar namun belum dipanggil maka secara otomatis belum bisa mengakses aplikasi pengemudi Grab.

3. Akun Driver Grab Baru dan Belum Mengikuti Training

Sesudah melakukan training maka akun driver tidak akan langsung aktif. Ketika login muncul pemberitahuan akun Grab belum diaktifkan, penyebabnya karena driver belum dianggap lolos pelatihan. Kamu wajib mengikuti pelatihan online mengenai operasional serta cara kerja Grab, kemudian setelah itu akun baru bisa diaktifkan dalam jangka waktu 1×24 jam.

Cara Mengatasi Akun Grab Belum Diaktifkan

Lantas bagaimana langkah mengatasi akun Grab belum diaktifkan? Bagi yang baru saja mendaftar kamu bisa mengikuti training kemudian melengkapi semua data. Sedangkan bagi yang terkena akun dibekukan maka bisa melakukan banding ataupun verifikasi ulang.

Grab sudah menyediakan fasilitas berupa formulir online yang bisa diakses oleh mitra pengemudi kapan saja dibutuhkan. Agar bisa mengatasi akun Grab belum diaktifkan kamu dapat langsung simak beberapa cara dibawah ini.

1. Mengikuti Training Grab Online

Setelah daftar akun Grab baru akan ada proses verifikasi data yang memakan waktu 2×24 jam. Berikutnya ketika pendaftarannya disetujui maka kamu wajib mengikuti training online pada website grab.codemi.co.id. Pihak Grab akan mengirimkan akses email serta password untuk mengakses websitenya.

Sebelum training status akun Grab belum diaktifkan, apabila sudah selesai maka membutuhkan proses verifikasi lagi selama 1×24 jam. Ketika dinyatakan lolos training maka kamu bisa langsung masuk ke aplikasi Grab Driver.

Baca  Cara Tambah Menu di GrabFood

2. Melengkapi Data Akun Grab

Setelah pendaftaran kamu akan menerima email dimana menjelaskan dokumen apa saja yang harus lengkapi. Berikutnya kamu bisa melengkapi semua persayratannya dengan mengirimkan email ataupun datang langsung ke kantor Grab Driver Centre.

Sesudah melengkapi semua datanya maka akan dicek kembali oleh pihak Grab. Berikutnya ketika akun sudah aktif maka kalian akan mendapatkan akses login ke Grab Driver menggunakan akun yang petelah terdaftar sebelumnya.

3. Melakukan Banding Akun Grab Apabila di Suspend

Selanjutnya ketika tampil akun Grab belum diaktifkan kamu dapat melakukan banding dimana dilengkapi dengan bukti. Beberapa syaratnya seperti screenshot percakapan dengan konsumen, video, rekaman suara ataupun bukti lainnya untuk mendukung pengajuan badnung karena suspend.

Lantas berapa lama akun Grab dibekukan? Jawabanya tergantung pelanggaran misalnya 3, 5, 7 bahkan sampai 30 hari. Kemudian untuk melakukan banding maka kalian bisa mengakses formulir yang sudah disediakan seperti berikut.

  • Buka alamat Form pengajuan banding
  • Silahkan isikan nama lengkap, nomor HP, nomor NIK KTP, plat nomor, alasan pengajuan banding.
  • Upload gambar bukti maksimal 3.
  • Tekan Kirim
  • Pihak Grab akan melakukan verifikasi dan memberikan hasilnya lewat email ataupun SMS

4. Kontak Pusat Bantuan Grab

Ketika masih menjumpai akun Grab belum diaktifkan kamu juga bisa mengakses pusat bantuan Grab untuk memberitahukannya. Kamu tinggal mengisi data pada formulir yang sudah disediakan dengan benar supaya bisa diproses.

  • Akses Pusat Bantuan Grab
  • Lanjutkan mengisi formulir secara lengkap kemudian beritahukan juga alasan mengapa akun Grab belum diaktifkan.
  • Tekan Kirim
  • Tunggu balasan dari Grab.

5. Jadwalkan Antrian Grab Driver Center

Langkah terakhir mengatasi akun Grab belum diaktifkan adalah dengan mendatangi Grab Driver Centre. Silahkan kunjungi situs grabsaap.murni.id untuk menjadwalkan antrian secara online, jangan lupa juga sampaikan permasalahan akun Grab belum diaktifkan.

Kemudian setelah mendapatkan antrian siapkan kode booking kemudian datang sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Kamu bisa membawa bukti untuk banding, SIM, SKCK, STNK serta KTP untuk mempermudah penyelesaian masalahnya.

Kesimpulan

Cara mengetahui akun Grab driver sudah aktif paling mudah adalah bisa login ke aplikasi, muncul insentif dan dapat menerima orderan secara normal. Selain itu fitur seperti PINJAMAN UNTUK DRIVER GRAB juga bisa diakses oleh mitra pengemudi.

Dengan melakukan beberapa langkah diatas semoga akun Grab belum diaktifkan dapat diatasi. Pada dasarnya langkah penanganan untuk akun baru maupun lama akan berbeda karena bergantung pada sumber masalahnya.

Advertisements
Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.