Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

2 Cara Menjadi Agen Drop Point Shopee Express 2022

Cara Menjadi Agen Drop Point Shopee Express

Shopee Express menjadi bagian ekspedisi untuk menangani semua pengiriman dari marketplace Shopee. Kini Shopee Express juga membuka kemitraan atau keagenan dengan mengajak penjual terpilih untuk menjadi agen drop point. Karena penawaran yang menarik tak jarang banyak orang mencari cara menjadi Agen Drop Point Shopee Express.

Sebelumnya kami sudah membahas arti Drop Point pada J&T Express dimana kurang lebih akan sama dengan Shopee Express. Shopee Express Drop off Point adalah lokasi penyerahan/penjemputan paket dimana mampu menggubungkan kurir serta penerima barangnya. Jadi Drop Point juga berperan sempai tempat untuk menitipkan paket yang berasal dari seller Shopee sebelum diambil oleh kurir.

Selain sebagai alamat pickup, drop point Shopee Express juga berguna untuk lokasi penyerahan barang sebelum nantinya akan diantarkan ke penerimanya. Memang untuk drop point dikelola agen sepenuhnya sehingga berbeda dengan ekspedisi lainnya. Jadi ketika konsumen berbelanja online maka nantinya barangnya akan melalui drop point terlebih dahulu sebelum diteruskan kelamat tujuannya.

Untuk cara kerja agen drop point Shopee Express akan dimulai ketika ada pesanan dibuat oleh konsumen. Berikutnya seller akan mencari lokasi agen Shopee terdekat dan mengantarkan paketnya ke alamat agen. Berikutnya setelah sampai drop point maka paket dipickup kurir dan diantarkan ke drop point lokasi tujuan. Setelah sampai paket di drop off kemudian diantarkan kurir ataupun diambil oleh penerima.

scarlet

Jadi secara langsung ketika menjadi agen maka tempat kalian akan dijadikan lokasi penitipan. Hal ini berlaku untuk semua jenis layanan Shopee Express termasuk Hemat dan juga Standard. Ketika ingin melakukan cara menjadi agen Drop Point Shopee Express silahkan simak pembahasan ojolakademi.com dibawah ini.

Syarat Agen Drop Point Shopee Express

Pada dasarnya cara menjadi agen Drop Point Shopee Express memang wajib melalui berbagai langkah. Diawalnya kamu perlu memenuhi semua persyaratan yang disediakan supaya proses berjalan lancar. Namun memang cara menjadi agen Shopee tidak dapat dilakukan sembarangan karena ada kriteria sebagai berikut.

  • Untuk bisa menjadi agen drop point memang hanya bagi orang yang terpilih oleh Shopee Express. Biasanya kamu akan mendapatkan notifikasi/pemberitahuan bisa melalui WhatsApp, email ataupun SMS.
  • Memiliki lokasi yang strategis dengan kriteria akses roda 4/mobil.
  • Memiliki nomor telepon rumah serta mobile.
  • Mempunyai tempat/ruangan luas yang khusus untuk penyimpanan paket Shopee Express minimum 3x4m.
  • Menyediakan perangkat komputer/laptop.
  • Mempersiapkan printer & alat scan.
  • Timbangan digital.
  • Mempersiapkan alat tulis, isolasi, gunting serta perangkat pendukung ekspedisi lainnya.
  • Memiliki kesediaan memasang banner agen Drop Point Shopee Express.
  • Sebagai tambahan pastikan banyak seller Shopee disekitar untuk mempermudah diterima.

Biaya Menjadi Agen

Pada dasarnya Shopee Express memang tidak mengenakan biaya pada proses pendaftarannya. Namun nantinya kalian akan membutuhkan modal awal untuk melengkapi perangkat dan peralatannya. Kemudian untuk contoh rincian modal yang bisa kami jelaskan adalah sebagai berikut.

Jenis Harga
Komputer/LaptopRp.2.500.000
PrinterRp.800.000
Biaya internet perbulanRp.350.000
Alat tulis & kelengkapan ekspedisiRp.200.000
Banner Rp.125.000
TotalRp.3.975.000

Komisi Agen Shopee Express

Ketika sudah paham dengan cara menjadi agen Drop Point Shopee Express maka berikutnya kami akan membahas soal komisi. Saat ini komisi agen Shopee Express senilai Rp.500 per paket yang kamu terima, hal tersebut berlaku baik pengiriman/pengambilan paket. Keuntungannya komisi dihitung langsung dari sistem kemudian dikirimkan langsung kenomor rekening kalian.

Cara Menjadi Agen Drop Point Shopee Express

Setelah mengetahui informasi syarat menjadi agen Drop Point Shopee Express maupun gambaran biayanya maka berikutnya tinggal bagaimana cara mendaftar. Pada dasarnya terdapat 2 langkah yang bisa ditempuh yaitu lewat pihak Shopee Express maupun melalui pihak ketiga yaitu Wahana.

Setiap prosesnya memang akan berbeda beda tinggal kalian ingin memilih cara yang mana. Tentunya akan lebih terarah apabila menggunakan fasilitas dari Shopee Express langsung. Supaya lebih jelasnya silahkan simak cara lengkapnya sebagai berikut.

1. Cara Menjadi Agen Drop Point Jalur Shopee Express

Hal pertama kamu harus mendapatkan pemberitahuan dari pihak Shopee Express untuk pendaftaran agen bisa lewat WhatsApp, email atau bahkan SMS. Dari prosesnya kalian harus mengisi formulir kemudian sampai ke tahapan verifikasi hingga tanda tangan perjanjian resmi sebagai berikut.

  • Buka link formulir pendaftaran agen Shopee Express yang dikirimkan untuk pendaftaran agen baru. Ketika sudah terbuka maka tinggal menekan Gabung Sekarang.
  • Silahkan isi seluruh formulir agen Shopee berikut data dan syarat meliputi nama pemilik usaha, nomor KTP, WhatsApp, nama dari outlet, alamat email, alamat lokasi usaha, titik Google Maps, jam buka tutup, informasi pembayaran, informasi panjang maupun lebar ruang penyimpanan, foto KTP, selfie bersama KTP, foto outlet luar & dalam, keterangan jenis outlet dan kelengkapan operasionalnya.
  • Ketika sudah terisi silahkan tekan Kirim
  • Berikutnya adalah proses verifikasi dari pihak Shopee Express untuk memeriksa seluruh data maupun dokumen yang kalian kirim. Sebagai informasi verifikasi agen Drop Point Shopee Express membutuhkan waktu kurang lebih 3 hari kerja.
  • Pihak Shopee Express akan menyampaikan hasilnya lewat pesan WhatsApp. Ketika kamu diterima maka akan menuju kelangkah berikutnya.
  • Selanjutnya kamu akan dikirimkan kontrak perjanjian kerjasama dengan Shopee Express. Silahkan unduh kemudian baca dengan seksama.
  • Ketika setuju maka tandatangani secara digital kemudian kirimkan kembali melalui WhatsApp.
  • Cara berikutnya ketika sudah ada tanda tangan kontrak maka kamu wajib mengikuti pelatian online. Jadi kamu akan dijadwalkan mengikuti pelatihan untuk memahami seluruh operasional agen Drop Point Shopee Express.
  • Ketika pelatihannya selesai maka agen Drop Point Shopee Express bisa mulai beroperasi. Dimulai dengan jadwal yang akan diberikan oleh Shopee Express dihari pertama.

2. Cara Menjadi Agen Drop Point Lewat Wahana

Berikutnya cara menjadi agen Drop Point Shopee Express namun melalui Wahana Express. Pada dasarnya cara ini bisa ditempuh apabila kalian tidak mendapatkan pesan atau pemberitahuan. Syarat utamanya kamu harus menjadi agen Wahana terlebih dahulu dengan mempersiapkan budget kurang lebih 4 jutaan. Kemudian setelahnya kamu bisa mengajukan kerjasama dengan agen Drop Point Shopee Express.

Namun cara kedua ini juga ada resikonya karena memang kerjasama agen Drop Point Shopee Express dan Wahana jumlahnya terbatas serta mengikuti kuota. Selama masih ada kuota diwilayah kalian maka masih bisa dilakukan. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menanyakannya langsung kepada pihak Wahan Express terdekat.

Keuntungan Menjadi Agen

Pada dasarnya ketika kalian menerima banyak paket dari seller disekitar maka peluang keuntungannya bertambah besar. Jadi secara langsung cara menjadi agen Drop Point Shopee Express memang menguntungkan. Berikut ini beberapa jenis keuntungan yang bisa diperoleh secara langsung.

  • Jumlah seller Shopee sangatlah banyak serta banyak tersebar diseluruh Indonesia sehingga mudah mendapatkan keuntungan.
  • Syarat mudah,prosesnya gratis dan termasuk cepat meskipun hanya untuk yang terpilih saja.
  • Layanan customer service 24 jam penuh untuk membantu saat ada masalah.
  • Keamanan terjamin dalam transaksi maupun pengirimannya.
  • Komisi Rp.500 per paket untuk pengiriman maupun pengambilan dimana keuntungan bisa ditingkatkan.

Kesimpulan

Kelemahan cara menjadi agen Drop Point Shopee Express memang hanya diperuntukkan bagi yang terpilih saja sehingga tidak sembarang orang bisa mendaftar. Namun mampu bersaing langsung dengan gaji pokok di PT Solid Gold Berjangka terutama komisinya termasuk cukup besar.

Meski begitu jadi agen drop point memang bisa jadi alternatif untuk yang ingin mencoba bisnis ekspedisi. Jadi apakah kalian tertarik untuk melakukan pendaftaran dengan berbagai syarat diatas?

Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *