Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

Kode Etik Driver Shopee Food

Kode Etik Driver Shopee Food

Shopee Food memang sudah mulai dikenal oleh kalangan konsumen, merchant maupun mitra driver. Saat beroperasi pastinya anda wajib mengikuti kode etik driver Shopee Food sebagai pedoman saat proses menjalankan pesanan dari awal sampai akhir.

Kode etik driver Shopee Food menjadi kebijakan yang wajib dipatuhi dan sudah tertuang pada perjanjian awal saat menjadi mitra. Apabila driver tidak mematuhi kode etik maka akan menimbulkan pelanggaran dan mendapatkan sanksi berupa pengurangan poin.

Misalnya tidak memakai ATRIBUT SHOPEE FOOD DRIVER saat beroperasi maka akan mendapatkan sanksi berupa poin yang dikurangi. Setiap poin pelanggaran yang didapatkan akan mempengaruhi akun driver, apabila sudah melampaui batas maka anda bisa saja kena putus mitra.

Poin pelanggaran bersifat akumulatif sehingga setiap anda melanggar kode etik maka secara otomatis sistem akan menambahkannya ke akun driver. Oleh karena itu driver wajib mengetahui apa saja hal yang tidak boleh dilanggar atau dilakukan.

Dapat dikatakan kode etik driver Shopee Food adalah aturan yang mengikat sehingga anda wajib mematuhinya jika ingin terus menjalin kerjasama. Supaya lebih jelas OjolAkademi.com sudah merangkum informasi kode etik driver Shopee Food dan poin pelanggarannya berikut ini.

Kode Etik Mitra Pengemudi Shopee Food

Kode etik driver Shopee Food menjadi acuan untuk mitra berperilaku serta bertindak dengan baik ketika memberikan layanan kepada pelanggan. Selain itu kejujuran memang menjadi hal yang penting untuk dipertahankan, jadi jangan lakukan beberapa pelanggaran yang sudah diatur pihak Shopee Food seperti berikut.

Kode Etik Mitra Pengemudi ShopeeFood
NoKode Etik
1Tidak mengenakan atribut resmi Shopee Food (Contoh: Jaket & Helm) atau yang ditetapkan Shopee.
Tidak memakai peralatan yang cukup (Contoh: Alat/Peralatan kurang atau rusak).
Berpenampilan atau memakai Pakaian & Aksesoris yang tidak rapi/sopan (Contoh: Sandal, Celana Pendek, Memakai  Anting (untuk Driver pria), Memperlihatkan  Tato  Besar, Menyinggung).
2Tidak mengunggah bukti pembelanjaan yang sesuai orderan di aplikasi Shopee, atau sengaja mengunggah bukti pembelanjaan yang tidak jelas/tidak relevan.
3Menolak atau menunda-nunda mengambil & mengantarkan orderan ke titik lokasi & alamat yang sudah ditentukan lebih dari 15 menit sejak orderan teralokasi, walaupun ukuran barang sudah sesuai dengan batas standar yang ditentukan.
4Lalai menjaga keamanan akun Driver sehingga akun dipakai oleh orang lain, meminjamkan maupun memperjualbelikan akun Driver Shopee Food.
5Menyelesaikan status pengantaran tanpa mengambil orderan & atau mengirimkannya kepada Pelanggan.
6Menghubungi Pelanggan untuk diluar tujuan yang berkenaan dengan Layanan Shopee Food.
7Menyebarluaskan data/informasi pribadi Pelanggan/Driver Shopee Food lainnya/Merchant yang terdaftar dalam platform Shopee Food melalui media apa pun (Contoh: Media  Online, Media  Cetak, Aplikasi  Pengirim  Pesan, dll.)
8Memakai kata-kata kasar & tidak sopan ketika berkomunikasi dengan Pelanggan baik dalam bentuk lisan atau non lisan.
9Meminta atau melakukan penambahan biaya/bayaran di luar tarif/biaya yang tertera/ditentukan di aplikasi Shopee Food tanpa sepengetahuan & persetujuan Pelanggan atau Shopee.
10Orderan yang diterima Pelanggan dalam kondisi tidak sesuai dengan saat diberikan oleh Merchant/restoran, baik disengaja maupun tidak disengaja (Contoh: Tumpah, Acak-acakan, Segel makanan terlepas, Jumlah makanan atau menu berbeda dari orderan, dll.)
11Mengemudi dalam pengaruh alkohol atau NAPZA (Narkotika, Psikotropika & Zat Adiktif lainnya).
12Terlibat kasus yang membutuhkan investigasi baik secara langsung maupun tidak langsung saat menjalankan sebuah layanan, termasuk sulit diajak bekerjasama/tidak kooperatif/secara sengaja memperlambat proses investigasi.
13Teridentifikasi memakai dokumen yang dipalsukan termasuk identitas diri (Contoh: Dokumen: KTP, SIM, KK, SKCK, dll.) atau tidak melakukan verifikasi seperti yang disyaratkan atau dibutuhkan.
14Menyebarkan atau membujuk orang lain untuk menyebarkan berita tidak benar/bohong/palsu yang dapat merusak nama baik Shopee ataupun karyawannya baik secara langsung (Contoh: Orasi di depan publik) maupun tidak langsung melalui media apa pun (Contoh: Media sosial, Media cetak) sehingga menimbulkan keresahan bagi Driver Shopee Food & atau kerugian bagi pihak manapun termasuk Shopee.
15Standar layanan di bawah rata-rata (Contoh:  Rating  Rendah,  Tingkat  Penerimaan  Rendah,  Tingkat  Pembatalan  Tinggi,  Tingkat  Penyelesaian  Rendah,  Jumlah  Perjalanan  Rendah,  Waktu  Online) sebagaimana standar layanan atau kebijakan yang berlaku akan diberitahukan oleh Shopee dari waktu ke waktu di aplikasi.
16Menekan tombol ambil  orderan/makanan atau selesaikan orderan tidak sesuai dengan tempat & waktunya.
17Memakai perangkat yang diubah tingkat keamanan dasarnya (Contoh: Android Root/iOS Jailbreak)
18Menyalahgunakan akun Pengguna atau Pelanggan Shopee Food pada aplikasi Shopee tidak terkecuali dengan memakai media lainnya (Contoh: Partner Platform/Aplikasi selain Shopee) untuk melakukan orderan fiktif untuk keperluan sendiri maupun untuk orang lain, baik dilakukan sendiri maupun bekerjasama dengan pihak lain.
19Berbuat Curang atau memanipulasi sistem Shopee milik sendiri atau orang lain untuk alasan apapun, termasuk untuk memperoleh orderan/uang tambahan/bonus/insentif.
20Dilarang untuk menerima & mengambil orderan di Merchant milik Driver ataupun keluarga inti dari Driver Pengemudi.

Tabel Poin Pelanggaran Driver Shopee Food

Setiap pelanggaran yang dilakukan driver secara otomatis memiliki bobot poin berbeda. Jadi sebagai driver wajib memperhatikan dan juga menghindari sanksi dimana mampu membuat terkena pengurangan poin secara terus menerus.

Tabel Poin Pelanggaran Driver Shopee Food
Jenis PelanggaranPoin
Melakukan manipulasi pesanan ShopeeFood secara perorangan maupun berkelompok.75
Tidak menggunakan atribut resmi yang sudah didistribusikan oleh ShopeeFood ketika menjalankan pesanan.10
Menghubungi Pelanggan setelah melakukan penyelesaian pesanan tanpa alasan yang jelas.50
Menyebarkan informasi pribadi Pelanggan (Contoh: nomor handphone, nama, dll.) kepada siapapun tanpa persetujuan Pelanggan.50
Meminta biaya tambahan diluar biaya yang tertera pada aplikasi ShopeeFood kepada Pelanggan tanpa alasan yang jelas.50
Melakukan tindakan merusak/merubah/ mencampurkan/menambahkan: zat lain ke makanan yang dipesan Pelanggan.100
Melakukan pelanggaran hukum berat baik selama menjalankan pesanan maupun diluar periode menjalankan pesanan.150
Melakukan tindakan yang tidak menyenangkan/ mengganggu/menyinggung Pelanggan.50
Memanipulasi/mengubah/memasukan data yang tidak benar ke dalam aplikasi.20
Menyelesaikan pesanan dengan waktu yang lama tanpa alasan yang jelas.20
Membiarkan orang lain yang bukan pemilik akun Mitra Pengemudi ShopeeFood menjalankan pesanan baik secara sengaja maupun tidak disengaja.50
Menyelesaikan pesanan tanpa mengantarkan makanan ke Pelanggan.100
Memiliki tingkat penyelesaian pesanan yang rendah.25
Melakukan manipulasi sistem/aplikasi.75
Memiliki banyak rating penyelesaian pesanan yang buruk/rendah.25

FAQ

‎Apa itu Kode Etik?

Kode etik adalah peraturan dan kebijakan yang dibuat sesuai dengan standar layanan Shopee Food kepada pelanggan

Bagaimana jika saya tidak melanggar namun terkena akumulasi poin?

Konfirmasikan kepada call center di nomor 1500702 untuk melakukan banding

Apa kode etik driver Shopee Food bersifat mengikat?

Ya sesuai dengan persetujuan kerjasama driver dan pihak Shopee Food diawal

Karena pelanggaran tak sedikit driver yang melakukan CARA KELUAR DARI SHOPEE FOOD. Dengan adanya kode etik driver Shopee Food diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan dan juga menjamin anda mendapatkan insentif.

Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

Atribut Shopee Food Driver

Anwar
2 min read

Cara Keluar Dari Shopee Food

Anwar
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *