Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

Pembayaran Ditolak GrabFood ? Ini 5 Penyebab & Cara Mengatasi

Pembayaran Ditolak GrabFood

GrabFood merupakan layanan pesan antar makanan yang sudah dikenal luas di Indonesia. Ketika menggunakan layanannya pernahkan kalian mengalami pembayaran ditolak GrabFood? Biasanya muncul notifikasi “maaf ya metode pembayaran nggak bisa dipakai untuk pesanan ini grab” sehingga mengalami gagal bayar.

Masalah pembayaran ditolak bisa muncul karena beberapa penyebab sehingga membuat transaksi terganggu. Saat ini ada beberapa jenis metode pembayaran yang sudah terintegrasi kedalam aplikasi merchant seperti misalnya MAJOO GRABFOOD, MOKA Pos dan lain sebagainya.

Ketika terjadi pembayaran gagal atau ditolak maka secara otomatis uang akan dikembalikan kepada konsumen. Namun berbeda halnya jika saat awal pemesanan konsumen mengatur metode pembayaran kemudian ditolak, pasti ada hal yang salah.

Kalian juga pasti sudah mengenal metode pembayaran memakai OVO Cash ataupun OVO Point dimana memiliki aturan tertentu untuk digunakan. Demikian pula dengan cara bayar lain seperti LinkAja, uang tunai, kartu debit dan kredit.

Konsumen GrabFood memang dibebaskan memilih beberapa jenis pembayaran, namun seringkali tidak dapat digunakan karena memasang kode promo ataupun gangguan sistem. Lebih jelas mengenai pembayaran ditolak GrabFood silahkan simak rangkuman dari Ojolakademi.com dibawah ini.

Metode Pembayaran GrabFood

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah apa saja metode pembayaran yang tersedia di GrabFood. Bisa jadi pembayaran ditolak GrabFood karena kalian salah dalam mengatur ataupun menggunakannya. Setiap fasilitas bayar GrabFood juga bisa ditolak ketika pemakaiannya kurang sesuai.

Tunai

Adalah pembayaran memakai uang tunai, sistem kerjanya driver akan mengantarkan makanan sampai ke lokasi tujuan kemudian konsumen barulah membayar sesuai nominal yang tercantum. Kelebihan dari pembayaran tunai adalah dapat langsung membayar makanan tanpa adanya biaya tambahan.

OVO Cash

Merupakan pembayaran memakai uang elektronik atau non tunai dengan sistem saldo. Melalui saldo OVO Cash pengguna bisa memesan GrabFood kemudian membayarnya secara langsung. OVO Cash dapat di isi ulang atau top up melalui fasilitas perbankan secara cepat dan mudah.

OVO Point

OVO Points adalah rewards atau hadiah dari loyalty pelanggan dimana bisa diperoleh setelah melakukan transaksi memakai OVO Cash. OVO Point tidak bisa ditopup karena sifatnya hanya sebagai bonus, namun dapat digunakan untuk pembayran GrabFood.

Baca  Cara Mengaktifkan Dompet OVO Grab

LinkAja

LinkAja merupakan dompet digital yang dapat digunakan untuk berbagai jenis pembayaran termasuk GrabFood. Pengguna perlu menghubungkan LinkAja ke Grab sebelum menggunakannya sebagai metode pembayaran GrabFood dan layanan lainnya.

Kartu Debit/Kredit

Kemudian pengguna juga dapat menambahkan kartu kredit ataupun debit kedalam akun Grab dimana digunakan sebagai metode pembayaran. Jadi ketika pesan GrabFood maka secara otomatis pembayaran dilakukan dengan memotong saldo rekening atau limit kartu.

Penyebab Gagal Bayar GrabFood

Pada dasarnya karena ada cukup banyak pilihan pembayaran maka semakin memudahkan pelanggan bertransaksi. Lantas kenapa metode pembayaran Grab ditolak? Terdapat beberapa penyebab mengapa pembayaran ditolak GrabFood yang sering dijumpai sebagai berikut.

1. Pembayaran Ditolak GrabFood Karena Kode Promo

Kode promo bisa menjadi alasan mengapa pembayaran ditolak GrabFood, apabila kalian tidak membaca keterangan dan syarat berlaku bisa jadi mengalami gagal bayar. Seringkali gagal bayar pakai OVO dialami karena memang penggunaan kode promo tidak sesuai, misalnya harus memenuhi saldo tertentu ataupun tidak boleh memakai OVO Point.

Jadi karena kode yang dimasukkan tidak memenuhi syarat maka secara otomatis pembayaran ditolak GrabFood dan transaksi tidak dapat dilanjutkan. Bisa juga kode promo hanya berlaku untuk pembayaran memakai LinkAja, kartu debit, kredit ataupun tunai.

2. Masih Memakai Grab Versi Lama

Penyebab pembayaran ditolak GrabFood lainnya adalah pengguna tidak update aplikasi Grab ke versi terbaru. Dengan adanya update maka ada banyak penambahan fitur dan fasilitas baru sekaligus menjamin keamanan transaksi pengguna sehingga tidak bisa dilewatkan.

3. Saldo OVO Cash/ Point Tidak Mencukupi

Kemudian mengapa pembayaran ditolak GrabFood salah satunya karena memang saldo kalian tidak mencukupi. Seringkali karena tidak top up maka kita lupa bahwa saldonya kurang, ataupun memang karena OVO Point tidak mencukupi untuk membayar makanan di GrabFood.

4. Ada Pembayaran GrabFood Tertunda

Masalah lain yang sering muncul ketika pembayaran ditolak GrabFood karena adanya transaksi tertunda. Misalkan pada pemesanan sebelumnya pembayaran belum masuk ke sistem GrabFood ataupun terjadi masalah pada merchant sehingga menyebabkan tertunda.

5. Gangguan Sistem GrabFood

Kemudian penyebab lainnya adalah adanya gangguan sistem GrabFood sehingga membuat pembayaran ditolak dan tidak bisa diproses. Apabila memang sumber masalahnya dari sistem maka pengguna bisa mengakses pusat bantuan untuk menanyakannya secara langsung.

Cara Mengatasi Pembayaran Ditolak GrabFood

Banyak orang bertanya apakah Grab bisa bayar tunai saat pandemi? Jawabannya masih bisa sehingga pilihan untuk membayar tunai tetap dapat digunakan. GrabFood memang masih mempertahankan semua cara pembayarannya demi kemudahan pelanggan dalam bertrasansaksi.

Setiap transaksi pembayaran GrabFood dilakukan secara online sehingga wajar apabila ada gangguan ataupun masalah yang muncul. Lantas bagaimana jika tetap pembayaran ditolak GrabFood? Kalian bisa melakukan beberapa langkah untuk bisa mengatasinya seperti dibawah ini.

Baca  Cara Daftar GrabMart

Top Up Saldo

Karena saldo yang kurang kamu bisa memilih isi ulang OVO atau LinkAja supaya pembayaran dapat dilakukan. Pastikan juga saldonya benar benar masuk dan muncul ketika pembayaran akan dilakukan supaya transaksinya dapat berjalan dengan lancar.

Periksa juga apakah aplikasi OVO serta LinkAja sudah terhubung dengan baik ke aplikasi Grab supaya pembayaran berjalan lancar. Kamu bisa memilih top up yang sesuai dengan nominal pembayaran makanan ataupun sesuai dengan keinginan masing masing.

Cek Koneksi Internet

Berikutnya pastikan koneksi internet berjalan lancar atau stabil sehingga proses pembayaran GrabFood bisa diterima. Tak dipungkiri karena koneksi yang buruk bisa menyebabkan pembayaran ditolak GrabFood, apabila lemot gunakan WiFi atau Hotspot ketika memesan makanan.

Mengingat pemesanan GrabFood online maka perlu memperhatikan koneksi dan juga aplikasi yang digunakan. Selain itu jangan lupa untuk update aplikasi ke versi terbaru supaya semua fungsi dapat berjalan dengan lancar termasuk pembayaran.

Cek Kartu Debit/Kredit

Ketika kalian memakai pembayaran kartu maka usahakan belum kadaluwarsa ataupun masih dalam masa aktif. Periksa juga apakah kartunya diblokir atau tidak, selain itu usahakan jangan sampai salah memasukkan kode OTP dari Bank karena pembayaran otomatis ditolak.

Menghapus Kode Promo

Saat menjumpai pembayaran ditolak GrabFood maka silahkan coba hapus kode promo yang sudah dipasang sebelumnya. Seringkali persyaratan kode promo tidak dapat dipenuhi ketika menggunakan metode pembayaran tertentu.

Dengan hapus kode promonya maka silahkan coba untuk memesan ulang GrabFood. Pada umumnya masalah pembayaran ditolak GrabFood bisa teratasi ketika tidak memakai promo saat memesan berbagai jenis makanan di merchant.

Mengakses Pusat Bantuan

Jika semua cara sudah dilakukan namun tetap menjumpai pembayaran ditolak GrabFood maka kalian dapat mengakses pusat bantuan. Namun perlu diperhatikan apabila memilih menghubungi call center Grab maka siapkan pulsa secukupnya karena panggilannya berbayar.

  • Buka Grab kemudian masuk ke Akun.
  • Dibagian Umum silahkan masuk ke Pusat Bantuan.
  • Tekan Hubungi Grab maka kalian akan tersambung ke layanan call center.
  • Sampaikan masalah pembayaran ditolak GrabFood dan kalian mendapatkan bantuan penyelesaiannya.

Kesimpulan

Sebelumnya kami juga sudah membahas mengenai CARA MENGGUNAKAN OVO POINT DI GRABFOOD dimana da syarat dan ketentuannya. Ketika pembayaran ditolak GrabFood kalian juga bisa mengganti dengan metode lain misalnya tunai ataupun LinkAja.

Namun jika memang pembayaran ditolak dari sistem maka kalian dapat mengajukan komplain atau meminta penyelesaian dari menu pusat bantuan. Semoga dengan beberapa cara diatas pembayaran GrabFood dapat digunakan kembali tanpa adanya kendala.

Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *