Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

√ Shipment Problem JNE: Penyebab dan No Customer Service

Shipment Problem JNE

JNE Express memiliki fitur pelacakan resi online melalui website maupun aplikasi sehingga memudahkan konsumen dalam memantau perjalanan paketnya. Seringkali ketika cek resi JNE muncul status shipment problem dimana membuat pengirimannya terlambat atau bahkan paket tidak datang. Pada dasarnya shipment problem JNE merupakan hal yang wajar mengingat setiap fasilitas logistiknya kadang mengalami gangguan.

Masalah pengiriman ekspedisi memang dapat terjadi kapan saja. Seperti misalnya PICK UP SICEPAT SHOPEE TIDAK DATANG atau bahkan barangnya tidak sampai kealamat penerima. Oleh karena itu tiap jasa pengiriman memberikan fasilitas pelacakan dan jaminan garansi jika memang paket mengalami masalah. Misalnya fasilitas JNE tracking memang pelanggan dapat mengecek posisi paket terkini berikut waktu dan statusnya.

Semakin majunya jaman JNE juga terus berkembang memberikan layanan customer service kepada pelanggannya. Kini konsumen bisa komplain secara online ataupun offline sehingga permasalahannya dapat langsung diatasi. Disamping komplain, pelanggan juga dapat mengajukan ganti rugi ketika memang paketnya rusak, terlambat bahkan tidak sampai.

Mengingat JNE Express memiliki layanan yang luas maka ribuan paket dikirimkan setiap harinya. Tak heran jika ada kemungkinan shipment problem JNE terjadi karena saking banyaknya paket yang harus diantarkan. Apabila paket kalian mengalami permasalahan dalam pengiriman maka dapat meminta bantuan untuk memperoleh solusi.

scarlet

Seringkali terjadi status sudah delivered namun paketnya belum kunjung diterima dimana cukup menyusahkan konsumen. Pada dasarnya shipment problem JNE bentuknya memang beragam sehingga pelanggan wajib mengetahuinya. Untuk lebih jelasnya simak rangkuman Ojolakademi.com mengenai shipment problem JNE baik penyebab dan cara mengatasinya.

Apa itu Shipment Problem JNE?

Shipment problem JNE adalah masalah pengiriman pada ekspedisi JNE, biasanya muncul di status ketika konsumen melakukan cek resi. Penyebab shipment problem memang ada beragam mulai dari pihak jasa pengiriman, pengirim dan penerima paketnya. Hal tersebut juga sama dengan yang dijumpai pada status shipping SiCepat maupun ekspedisi lainnya.

Demikian pula dengan shipment problem Tokopedia jika memakai pengiriman JNE dimana dapat diketahui konsumen dari cek resi. Pada dasarnya terjadi masalah sehingga menyebabkan proses kirim barang terhambat atau bahkan paket tidak dapat dikirimkan. Pelanggan dapat mengajukan komplain untuk dapat menyelesaikannya kemudian mendapatkan penanganan langsung.

Penyebab Shipment Problem

Memang sebab shipment problem ada berbagai macam mulai dari fasilitas logistik overload, kesalahan alamat, resi, barangnya hilang atau bahkan permasalahan pada kantor cabang. Sebagai konsumen ketika cek resi memang kadang shipment problem disebutkan alasannya, namun ada juga yang tidak.

Bisa juga karena kesalahan sistem, karyawan JNE, pengirim atau penerima dimana menyebabkan permasalahan pada pengirimannya. Berikut ini beberapa penyebab shipment problem yang paling sering terjadi.

1. Fasilitas Logistik Overload

Pertama adalah fasilitas logistik JNE bisa dari kantor cabang, pusat sortir, kurir, agen, outlet bahkan pusat mengalami kelebihan batas maksimal pengiriman. Jadi ketika pada satu lokasi terlalu banyak paket yang akan dikirimkan maka akan membuat antrian sehingga menyebabkan pengirimannya bermasalah. Saat cek resi muncul shipment problem biasanya disebabkan karena memang paket kalian belum ditangani.

2. Alamat Kirim Salah

Berikutnya adalah kesalahan dalam penulisan alamat sehingga menyebabkan JNE tidak dapat mengantarkan sesuai lokasinya. Hal ini juga menyebabkan masalah shipment karena penerima tidak bisa ditemukan. Jika kesalahan dari pihak konsumen maka tidak ada ganti rugi namun masih dapat diurus untuk retur.

3. Barang Hilang atau Rusak

Berikutnya paket yang dikirimkan hilang ataupun rusak pada saat pengiriman menggunakan ekspedisi JNE. Hal ini menyebabkan shipment problem JNE karena harus ada penanganan lebih lanjut. Pelanggan dapat komplain langsung kemudian mendapatkan ganti rugi karena sepenuhnya merupakan kesalahan ekspedisinya.

4. Kesalahan Input Resi

Kesalahan berikutnya bisa dari karyawan JNE ataupun seller online dimana tidak benar memasukkan nomor resi. Hal tersebut menyebabkan pelacak tidak dapat dilakukan karena memang resinya salah. Pelanggan dapat meminta CS untuk mengetahui pelacakan yang berjalan menggunakan identitas seperti nama, nomor HP dan alamat.

5. Kendala Lainnya

Kemudian shipment problem JNE bisa juga terjadi karena kantor ekspedisi tutup, perjalanan mengalami kendala, kecelakaan, penutupan jalan ataupun kendala lainnya. Pada dasarnya cukup banyak faktor eksternal yang kadang dapat mempengaruhi proses shipment JNE.

Cara Mengatasi Shipment Problem JNE

Lantas bagaimana mengatasi shipment problem JNE? Pelanggan diberikan akses customer service baik online maupun offline dimana dapat dimanfaatkan untuk mengurusnya. Syaratnya cukup menggunakan nomor resi dan identitas seperti KTP untuk verifikasinya. Kemudian jika shipment problem JNE terjadi maka jangan buang waktu untuk segera komplain.

Cek juga informasi alamat, nomor HP dan nama penerimanya apakah sudah benar sehingga kesalahan bukan dari pelanggan. Hal tersebut akan memudahkan dalam proses komplain jika kesalahan dari pihak ekspedisinya. Begitu menjumpai status shipment problem maka segera gunakan beberapa fasilitas sebagai berikut untuk komplain.

1. Hubungi JNE Customer Service

Langkah pertama adalah kontak nomor (021)29278888 untuk terhubung ke customer service. Silahkan berikan nomor resi kemudian sampaikan jika terjadi masalah dalam pengiriman barang. Pelanggan berhak melakukan komplain jika memang layanan yang diberikan tidak sesuai. Kamu juga dapat secara gratis kirim email ke customercare@jne.co.id.

2. Pakai Fasilitas Ask Joni JNE

Berikutnya kalian dapat memakai fasilitas Ask Joni dimana merupakan laman website untuk layanan konsumen. Dari sini pelanggan bisa menyampaikan langsung keluhan pengiriman dengan cara online. Agar tidak bingung simak langkah dibawah ini.

  • Buka laman Ask Joni JNE
  • Masukkan nama lengkap, email dan nomor HP.
  • Subject pilih Customer Service
  • Dibagian message ketikkan mengenai shipment problem JNE yang kalian alami.
  • Tekan Send Message
  • Tunggu balasan berikutnya dari JNE via email ataupun nomor HP.

3. Kunjungi JNE Terdekat

Ketika menjumpai shipment problem JNE kalian juga dapat memutuskan untuk datang ke kantor cabang terdekat. Siapkan KTP dan juga nomor resi sebagai verifikasi datanya. Kemudian setelah sampai silahkan tanyakan permasalahan shipment problem JNE kemudian cara mengatasinya.

Kesimpulan

Sebelumnya kami juga sudah membahas cara membuat stiker fragile dimana penting ketika akan mengirimkan barang pecah belah. Dengan mengetahui permasalahan pengiriman serta cara penanganannya maka akan memudahkan kalian mendapatkan layanan maksimal.

Sumber gambar : ojolakademi.com

Anwar Driver Ojek Online yang Kini Separuh Waktunya Untuk Menulis Artikel Panduan Ojek Online di Ojolakademi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.